Ernest Hemingway Ternyata Agen KGB

Sabtu, 24 Oktober 2015
Tokoh | Uploader Arif
loading...

Indolinear, London – Novelis Amerika Serikat yang pernah meraih Hadiah Nobel, Ernest Hemingway, diyakini pernah bekerja sebagai seorang mata-mata untuk badan intelijen Uni Soviet KGB di Amerika Serikat pada era 1940an.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah buku berjudul Spies: The Rise and Fall of the KGB in America. Buku tersebut ditulis berdasarkan catatan mantan pejabat KGB Alexander Vassiliev pada 1990an, ketika dia bisa mengakses arsip-arsip intelijen era Stalin. Vassiliev menulis buku itu bersama John Early Haynes and Harvey Klehr.
Terungkap bahwa penulis cerita pendek Salju Kilimanjaro itu direkrut pada 1941 sebelum mengunjungi China, dan melakukan aktivitas spionase menggunakan nama samaran “Argo”.

Disebutkan dalam buku yang diterbitkan Yale University Press itu, Hemingway berkali-kali mengungkapkan keinginannya untuk membantu Uni Soviet, ketika bertemu agen-agen KGB di Havana dan London. Namun, menurut Vassiliev, Hemingway gagal memberikan informasi politik kepada KGB, dan kontaknya dengan badan intelijen itu berakhir pada 1950.

Vassiliev menyebutkan bahwa tidak adanya hasil yang dicapai Hemingwaylah yang menjadi alasan pemutusan kontak dia dengan KGB pada akhir dekade itu. (uli)

 

Sumber: Okezone.com