Enam Tradisi Tahun Baru Paling Unik Di Berbagai Negara

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 11 Oktober 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Perayaan tahun baru selalu identik dengan kemeriahan, pesta dan kembang api. Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang unik dan paling seru setiap tahunnya. Banyak sekali cara unik masyarakat merayakan tahun baru, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain.

Di Indonesia kita biasanya merayakan malam tahun baru dengan menggelar acara barbeque party alias bakar-bakaran bersama keluarga atau teman dekat. Ada juga yang merayakan tahun baru dengan merenungkan segala hal yang telah terjadi di tahun sebelumnya.

Walaupun hamiper di semua negara merayakan tahun baru identik dengan pesta kembang api yang meriah. Namun siapa sangka, jika dibeberapa negara punya tradisi-tradisi unik unik merayakan pesta tahun baru.

Bahkan kembang api di beberapa negara tidak selalu hal yang membuat paling meriah. Penasaran kira-kira seperti apa tradisi unik tahun baru diberbagai negara? Berikut 6 tradisi tahun baru paling unik yang dilansir dari Liputan6.com (09/10/2020).

  1. Tradisi Adu Jotos di Peru

Setiap tahun di akhir Desember, masyarakat di sebuah desa kecil di Peruvia saling adu jotos untuk ‘menyelesaikan’ perselisihan di antara mereka. Namun tradisi yang satu ini tidak bermaksud untuk menyakiti. Tradisi ini hanya lah sebagai simbol belaka bahwa setelah konflik selesaiĀ  mereka harus memulai lagi lembaran baru.

  1. Makan Selusin Butir Anggur di Spanyol

Ada kebiasaan unik di Spanyol yang dilakukan saat malam pergantian tahun, yaitu makan anggur bersamaan dengan dentang jam di tengah malam. Bukan cuma satu atau dua butir anggur, melainkan selusin.

Itupun harus dimakan sebutir dalam sekali bunyi dentang jam. Kalau kamu berhasil memakan 12 butir anggur tanpa sisa, maka itu pertanda kehidupan kamu akan beruntung di tahun mendatang.

  1. Parade di jalan-jalan sambil menggiring bola api Skotlandia

Di Stonehaven, Skotlandia ada tradisi berparade di jalan-jalan sambil menggiring bola api di malam menuju malam pergantian tahun. Adat tersebut merupakan bagian perayaan Hogmanay di Skotlandia, yang jejak akarnya berasal dari Bangsa Viking.

  1. Pecah Piring di Rumah Tetangga di Denmark

Tradisi memecahkan piring di depan pintu kerabat atau tetangga menjadi tradisi perayaan tahun baru yang unik di Denmark. Semakin banyak piring pecah dan menumpuk di depan pintu itu bertanda semakin banyak teman dan semakin banyak pula keberuntungan yang akan ia miliki.

  1. Perayaan Tahun Baru di Makam Chile

Biasanya malam tahun baru dipenuhi suasana dengan bahagia dan ceria. Namun, di negara Chile masyarakat justru memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun.

Mereka pergi kekuburan dengan maksud merayakan perayaan tahun baru bersama keluarga dan kerabat yang telah lebih dulu meninggal dunia. Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

  1. Menggantung Bawang di Yunani

Saat menjelang tahun baru dan malam pergantuan tahun, masyarakat Yunani akan menggantung bawang di depan rumah mereka. Hal ini dilakukan sebagai tanda kelahiran kembali di tahun yang baru.

Selain itu, di hari pertama tahun baru masyarakat Yunani juga akan memecahkan buah delima sebelum masuk rumah sebagai simbol kemakmuran dan nasib baik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: