Enam Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Paparan Polusi

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Minggu, 15 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sinar UV seringkali menjadi sesuatu yang paling dihindari dan berbahaya bagi kulit ketika keluar rumah. Tapi, sebenarnya polusi juga sama berbahayanya bagi kulit.

Paparan debu dan polusi pada wajah dapat mempercepat proses penuaan serta menyebabkan jerawat maupun iritasi. Pori-porimu juga akan tersumbat dan eksim bisa kambuh akibat polusi.

Kamu perlu merawat kulit lebih intens jika sering terpapar polusi. Lakukan hal yang dilansir dari Dream.co.id (13/11/2020),  berikut ini agar kulitmu tetap sehat.

Membersihkan wajah

Terpapar polusi maupun tidak, kamu harus selalu membersihkan wajah setiap pagi dan malam. Gunakan pembersih wajah berbahan ringan dan efektif menghilangkan polusi yang menempel.

Melakukan eksfoliasi

Lakukanlah eksfoliasi untuk memastikan wajahmu tetap bersih, sehat dan cerah tanpa sel kulit mati atau penyumbatan pori-pori. Umumnya, eksfoliasi dilakukan 1-2 kali seminggu menggunakan scrub.

Tapi jika kulitmu sensitif, kering dan mudah iritasi, kamu bisa menggunakan toner yang mampu mengeksfoliasi agar lebih aman untuk kulit.

Menggunakan masker

Menutupi wajah dengan masker tidak hanya dapat melindungi dirimu dari paparan virus Covid-19, tapi juga debu dan polusi yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Pastikan maskermu efektif dalam melindungi wajah.

Mengonsumsi makanan bernutrisi

Bagaimanapun kesehatan kulitmu bergantung pada apa yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin C, E, omega-3 dan beta-carotene seperti jeruk, kacang almond serta bayam. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: