Enam Pabrikan Motor Siap Meriahkan Pameran Otomotif GIIAS 2021

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 12 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2021) yang berlangsung 11 sampai 21 November mendatang bakal digelar di ICE, BSD, Tangerang Selatan. Seminggu menjelang dibukanya pameran otomotif tersebut, 6 pabrikan motor dipastikan ikut dan memeriahkan GIIAS tahun ini.

Sebelumnya, pada sesi konferensi pers GIIAS di Oktober lalu, penyelenggara pameran yakni Seven Event menginformasikan hanya ada 2 merek sepeda motor yang ikut pameran yaitu Honda dan Benelli. Menjelang hari pembukaan, ada 4 merek motor lagi yang menyatakan ikut berpartisipasi.

Keempat merek motor tersebut adalah SYM, CF Moto, SM Sport, dan W Moto. Semua brand ini dinaungi satu agen tunggal pemegang merek (ATPM) yakni PT MForce Indonesia.

Presiden Direktur Seven Events, Romi mengatakan, MForce mendaftarkan keempat merek motornya belum lama ini, sekitar 1 minggu lalu. Bertambahnya merek motor di GIIAS 2021 diharapkan bisa menstimulasi pengunjung untuk datang, terkhusus loyalis roda dua.

“Betul sekarang jadi 6 merek motor. Itu 1 APM tapi mereka memang punya 4 brand, ya,” kata Romi saat dihubungi OTO.com, dilansir dari Liputan6.com (10/11/2021).

Keikutsertaan 4 merek motor ini bisa dibilang mendadak mengingat penyelenggaraan GIIAS yang bakal dihelat minggu depan. Romi menjelaskan, ini hal yang lumrah di situasi pandemi sebab kebanyakan perusahaan otomotif masih wait and see menentukan strateginya, termasuk ikut pameran.

“Banyak peserta itu yang menunggu apakah benar pameran ini akan terselenggara mengingat di kondisi pandemi. Mereka nggak mau ketika sudah investasi ternyata batal, ini mungkin jadi alasan mengapa mereka mepet daftarnya,” ungkap Romi.

Bocoran Motor Baru di GIIAS

Sampai saat ini baru Benelli dan Honda yang mengonfirmasi jika mereka akan meluncurkan produk baru di GIIAS 2021 nanti. Benelli memastikan pihaknya bakal melansir 2 motor baru yakni berperawakan Scrambler dan skutik retro futuristik.

Sementara Honda lewat undangan resmi yang OTO.com terima menjelaskan mereka bakal meluncurkan produk baru di 12 November 2021. Tak dijelaskan secara detail produk apa yang akan mereka lansir, namun rumornya mengarah ke Vario 160.

Adapun untuk untuk CFMoto, merek motor ini berasal dari Cina, di Indonesia mereka lebih dulu menawarkan ragam produk kendaraan ATV. Namun pabrikan memastikan di tahun depan akan menjual secara resmi sepeda motor tipe full fairing dan naked. Besar kemungkinan di GIIAS 2021 akan diperkenalkan.

“Tahun depan sekitar mungkin Maret atau April kita akan luncurkan 2 produk sepeda motor 250 cc yaitu CFMoto 250 NK (naked) dan CF Moto 250 SR (full fairing). Untuk tipe 650 cc malah sudah tiba di Indonesia, saat ini menunggu perizinan dan segera kita luncurkan juga,” General Manager 3S Marketing MForce Indonesia, Indra Gumay kepada OTO.com.

Selanjutnya adalah SYM, merek motor ini berasal dari Taiwan. Mereka sudah cukup lama menawarkan beberapa produknya di pasar domestik. Beberapa motor andalannya adalah GTS New 250i. Joyride 200i, dan Jet 14.

Belum ada keterangan resmi mereka akan meluncurkan produk baru. Tapi bisa jadi pemeran GIIAS digunakan sebagai peluncuran SYM Jet X 150 yang disebut sebagai lawan seimbang dari Yamaha NMax dan PCX.

Kemudian merek motor W Moto juga dipastikan ikut GIIAS 2021, basis perusahaannya ada di Malaysia dan punya beberapa lini produk yang cukup menarik. Paling fenomenal adalah XTreme 150i punya kemiripan dengan Honda ADV150. Jika nanti diluncurkan, ini bisa jadi pilihan menarik buat konsumen.

Dan terakhir adalah SM Sport, di Indonesia mereka meniagakan beberapa produknya mulai dari V16, SM3, GY150, dan SM Classic yang visualnya mirip Honda Supercub C125. Keunggulan yang ditawarkan dari merek motor ini adalah tampilan yang menarik, fitur, dan juga teknologi yang diusung. (Uli)