Enam Makanan Yang Bantu Redakan Sakit Saat Menstruasi

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 7 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Anda mungkin tak menyadari bagaimana pola makan selama satu bulan ini. Ternyata, hal itu berdampak besar pada gejala menstruasi, biasanya rasa nyeri, yang akan datang dan dirasakan.

Untuk mengurasi rasa sakit saat akan menstruasi, sebenarnya tubuh perlu makanan yang kayak nutrisi yang rendah garam dan tambahan gula.

Diimbangi dengan melakukan olahraga yang tepat dan pola tidur yang baik, berikut beberapa makanan yang dapat membebaskanmu dari rasa nyeri saat menstruasi, dilansir dari Liputan6.com (05/07/2022).

  1. Daging

Saat menstruasi, tubuh akan kehilangan darah. Anda harus memastikan asupan zat besi cukup untuk menggantikan darah yang keluar.

Zat besi membantu membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Jika kekurangan nutrisi ini, tubuh akan merasakan kelelahan.

Cara terbaik untuk meningkatkan zat besi adalah dengan fokus pada makanan nabati maupun hewani. Sumber zat besi dari tanaman termasuk sayuran hijau dan brokoli, serta kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Sumber zat besi dari hewan termasuk daging tanpa lemak, makanan laut, dan unggas.

  1. Susu

Magnesium adalah mineral yang memainkan peran penting dalam regulasi otot dan saraf, serta mengatur kadar gula darah.

Mengisi makanan dengan magnesium tinggi, seperti yogurt, susu, biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan, dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri menstruasi yang mengganggu.

  1. Ikan Salmon

Biasanya, suasana hati akan sering berubah selama menstruasi. Sebaiknya Anda berfokus pada peningkatan asupan omega-3. Itu memiliki manfaat jangka panjang pada kesehatan mental bahkan setelah siklus mestruasi berakhir.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa konsumsi omega-3 akan menurunkan Depresi. Salah satu yang makanan yang mengandung omega-3 yang tinggi yakni ikan salmon, setidaknya rutin konsumsi dua kali seminggu akan lebih baik.

  1. Buah Pir

Kesengsaraan di kamar mandi biasa terjadi selama menstruasi dalam sebulan. Jika Anda sering merasa sembelit saat haid, sebaiknya konsumsi buah pir yang mengandung serat alami yang dapat membantu menunjang keteraturan. Pastikan untuk memakan kulitnya juga.

  1. Telur

Selain memastikan asupan zat besi terkendali, Anda juga harus fokus pada makanan yang kaya vitamin B12. Itu akan membantu memerangi kelelahan saat menstruasi. Vitamin B12 akan memberi tubuh Anda sentakan energi yang dibutuhkan yang tubuh. Rekomendasi makanan kaya vitamin B12 yang mudah diolah yakni telur.

  1. Gandum

Sangat penting untuk mendapatkan cukup vitamin B6 ke dalam makanan menjelang menstruasi. Vitamin mampu menggagalkan gejala negatif terkait menstruasi, seperti kemurungan, nyeri, dan kelelahan. Menurut ahli, gandum merupakan sumber alami vitamin B6. (Uli)

loading...