Enam Langkah Sederhana Agar Tidak Mudah Sakit Flu

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 22 Agustus 2019

Indolinear.com, Jakarta – Influenza atau flu merupakan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan dan paru- paru. Penyakit flu sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, penyakit yang dipandang biasa ini dapat menular.

Menrut Denise Pate dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), virus flu dapat menyebar melalui udara dan kontak pribadi. Hal ini disebabkan adanya virus yang keluar ketika batuk atau bersin kemudian terhirup oleh orang lain.

Menurut Drew Massengill, seorang dokter di Rumah Sakit Natividad, Salinas, California, cara utama pencegahan flu dimulai dari mencuci tangan yang baik dan benar. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan mencuci tangan selama 20 detik disertai dengan cara pencucian tangan yang benar.

Berikut langkah sederhana yang dapat diterapkan agar tidak mudah sakit flu, seperti yang dikutip dari laman Liputan6.com (20/08/2019).

  1. Hindari menyentuh bagian wajah

Selain mencuci tangan, hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah virus masuk adalah dengan menjauhkan tangan menyentuh wajah. Bakteri atau virus dapat hidup di permukaan kulit, jika virus masuk melalui hidung atau mulut sehingga menjadi sumber penyakit

  1. Penuhi asupan vitamin D

Vitamin D terkenal karena perannya dalam menjaga kesehatan tulang dan otot tetapi juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kadar vitamin D dalam tubuh dapat meningkat dengan menikmati sinar matahari selama 15 menit setiap pagi.

  1. Gunakan masker

Pengguna masker bisa menjadi alat yang paling efektif untuk mencegah penularan virus. Alangkah baiknya jika menggunakan masker jika angota keluarga atau teman sedang mengalami gejala seperti batuk- batuk.

  1. Pola makan sehat

Cara terbaik untuk cegah infeksi virus adalah dengan menjaga pola makan yang sehat, kaya vitamin C, seng, magnesium dan fitonutrien sehingga dapat membantu Anda melawan infeksi virus serta menjaga kekebalan tubuh.

  1. Batasi kontak langsung

jika Anda atau orang- orang disekitar Anda sakit hendaknya batasi interaksi langsung seperti berjabat tangan. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menghindari virus yang menyebabkan imun tubuh menjadi lemah.

  1. Vaksin flu

Menurut dokter Matthew dari Rumah Sakit St. Joseph, California hal terbaik untuk menghindari flu adalah dengan mendapatkan vaksin influenza. Vaksin ini berlaku pada pasien yang menderita penyakit kronis seperti asma, gagal jantung, diabetes, anak berusia kurang dari dua tahun serta mereka yang berusia 65 tahun keatas. Sebab golongan ini memiliki risiko komplikasi flu yang paling tinggi. (Uli)