Enam Langkah Memperpanjang Masa Pakai Ban Mobil Anda

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 28 November 2019
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ban merupakan salah satu komponen di mobil Anda yang memiliki peran cukup penting. Pasalnya, karet bulat ini merupakan satu-satunya yang bersentuhan langsung dengan jalan, dan pastinya menentukan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Dengan fungsi yang begitu penting, sebagai pemilik mobil sudah seharusnya peduli dengan ban mobil Anda. Berikut, tips bagaimana peduli dengan ban mobil kesayangan, seperti yang dilansir dari Liputan6.com (26/11/2019):

1) Periksa Ban

Sebelum bepergian dengan mobil, sebaiknya periksa ban dengan teliti. Setidaknya, luangkan waktu beberapa menit untuk berkeliling ke area empat ban mobil Anda. Entah itu periksa kondisi ban, tekanan angin, atau melihat ada kerikil yang terdapat di sela-sela tapak ban.

2) Tekanan angin

Ketika memeriksa ban, paling penting lihat tekanan angin. Memang, saat ini ada teknologi tyre pressure monitoring system (TPMS) yang dapat memberikan informasi, apakah tekanan angin pada ban sudah sesuai atau belum.

Tekanan angin ini sangat penting, karena bisa mempengaruhi efisiensi bahan bakar, perfoma kendaraan, serta keselamatan Anda. Selain itu juga mengurangi resiko aus dan robek prematur, serta kerusakan yang tidak dapat diubah pada konstruksi internal. Tekanan ban dapat turun karena udara yang biasa dikeluarkan melalui komponen ban.

3) Balancing

Balancing yang akurat pada ban mobil Anda mencegah ban dari aus prematur serta berkendara bebas getaran. Kegunaan lainnya adalah untuk penggunaan fungsi suspensi mobil yang sesuai, bantalan, serta sistem kemudi.

Balancing sebuah ban paling diperlukan saat Anda mengganti ban. Sebagai tambahan, jika Anda merasa kendaraan Anda lebih berat atau ringan ke salah satu sisi dibanding sisi yang lain berarti ban mobil Anda tidak seimbang.

4) Penjajaran (Alignment)

Banyaknya jalanan yang jelek, berisikan lubang dan retak yang besar merupakan satu dari banyak alasan terjadinya ketidaksejajaran pada roda kendaraan Anda.

Sangat sulit untuk mengukur ketidaksejajaran ketika berkendara, namun jika roda tidak sejajar dapat mengakibatkan ban aus lebih cepat, prematur, dan ketidaksamaan sehingga mobil tidak dapat dikendalikan dengan baik serta keselamatan Anda juga terganggu.

Kami menyarankan agar mobil Anda diperiksa kesejajarannya dan diperbaiki pada interval reguler, terutama jika mobil Anda terlibat kontak dengan lubang atau trotoar dan Anda melihat adanya aus yang tidak merata.

5) Keausan dan Kedalaman Ban

Setiap pabrikan ban menandai produk mereka dengan indikator keausan tapak atau tread wear indicator. Indikator keausan tapak membantu Anda untuk memonitor keausan ban Anda dan mengindikasikan kapan waktunya ban Anda harus diganti.

Hal ini memastikan traksi maksimum dan cengkeraman serta mengurangi risiko. Mengganti ban Anda sebelum kedalaman aus mencapai 1,6mm, membuat berkendara dengan lega.

Indikator keausan tapak biasanya ditempatkan pada sisi tembok yang mengarah ke luar dan jika kedalaman aus mencapai kepala panah, mengindikasikan bahwa ban mobil Anda harus segera diganti.

Sebaiknya Anda juga melakukan pengecekan sebelum musim hujan tiba, karena berkendara dengan ban yang aus meningkatkan risiko hydroplaning.

6) Usia pakai ban

Setiap elemen dari mobil, termasuk ban memiliki usia pakai, tapi memprediksi periode waktu secara akurat hampir tidak mungkin. Sejatinya, ban terbuat dari berbagai macam material, masing-masing penggunaanya berbeda dan memengaruhi performanya secara individu.

Tidak hanya itu, usia pakai juga tergantung pada banyak faktor seperti cuaca, kondisi jalan, gaya berkendara, dan lain-lain. Lebih lanjut, tidak dipaksakan bahwa ban harus bertahan pada jarak yang tertentu, karena seringkali faktor eksternal mempercepat ban aus dan robek. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: