Enam Hal Ini Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar, Apa Saja?

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 5 Mei 2020

Indolinear.com, Jakarta – Sebuah mobil bisa tiba-tiba terbakar saat digunakan. Tidak hanya mobil ‘biasa’ saja yang bisa terbakar, mobil sekelas supercar pun bisa terbakar.

Jika melihat kasus-kasus seperti ini, biasanya disebabkan oleh mesin yang terlalu panas atau kerusakan pada bagian mesin. Tak jarang juga dikarenakan kecelakaan yang cukup parah. Namun dikutip dari Liputan6.com (03/05/2020), ada 6 penyebab umum sebuah mobil bisa terbakar.

  1. Kesalahan Desain

Siapa sangka desain dari kendaraan bisa sebabkan kebakaran. Sebagai contoh adalah pengaturan kabel atau tata letak yang tidak aman dan miliki potensi besar bisa terbakar, seperti korsleting dan komponen yang miliki suhu panas diletakkan di dekat tangki bahan bakar.

  1. Jarang Rawat Mobil

Perawatan mobil merupakan satu langkah awal untuk mendeteksi kerusakan sedini mungkin. Sehingga bisa diminimalisir risiko-risiko seperti kecelakaan dan kebakaran.

Mengecek kelistrikan dan tangki bahan bakar harus dilakukan secara berkala. Tak lupa juga untuk memeriksa bagian mesin.

  1. Pasang Aksesori Tambahan

Ini nih Otolovers yang bisa sebabkan kebakaran pada mobil. Aksesoris tambahan yang hanya dipasang tanpa perhitungan sangat berisiko besar.

Kalau berbicara kelistrikan, tentu adanya aksesoris tambahan akan menambah beban, biasanya akan ada komponen keselamatan yang menyertai, seperti sekering, kipas, radiator dan lain-lain.

Oleh sebab itu, jika Otolovers berniat pasang dashcam, lampu tambahan atau aksesoris lain pastikan memilih bengkel yang terjamin kualitasnya.

  1. Terlalu Panas di Catalytic Converter

Catalytic Converter di sebuah mobil memiliki fungsi untuk menyaring polutan pada gas buang. Dengan fungsi tersebut jelas bagian ini bisa memicu kebakaran. Apalagi jika mesin mobil tidak bekerja maksimal dalam membakar bahan bakar. Itu berpotensi bikin suhu pada catalytic converter naik.

Untuk itu, Otolovers harus sering lakukan perawatan dan mengecek bagian ruang bakar dengan mengamati busi dan konsumsi rata-rata BBM.

  1. Mesin Terlalu Panas

Memang jika mesin terlalu panas tidak akan bikin mobil terbakar secara langsung. Namun, kondisi ini bisa sebabkan cairan seperti minyak dan cairan pendingin bisa tumpah. Jika bersentuhan dengan komponen yang bersuhu tinggi risiko terbakar sangatlah besar.

Intinya Otolovers harus rutin rawat kendaraan dan cek komponen pendingin mesin, apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

  1. Kecelakaan

Sudah jelas jika kecelakaan bisa sebabkan kebakaran. Itu sangat mungkin terjadi jika bagian vital, seperti baterai dan tangki bahan bakar terdampak insiden tersebut.

Karenanya Otolovers harus sebisa mungkin keluar dari mobil jika baru saja alami kecelakaan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya