Enam Cara Cegah Bibir Kering Saat Menjalani Puasa Ramadan

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 1 Mei 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada saat bulan Ramadan seperti saat ini, puasa yang kita lakukan bakal membuat sejumlah perubahan pada tubuh. Salah satu hal yang mengalami perubahan adalah pada metabolisme tubuh kita.

Selama puasa, tubuh tidak akan mendapat asupan makanan serta minuman. Hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering terutama di area bibir.

Kondisi bibir yang kering pada saat puasa ini memang lumrah terjadi. Biasanya bibir bahkan menjadi pecah-pecah dan tak jarang hingga terluka.

Mengingat rasa tak nyaman akiat luka di bibir ini, maka penting untuk mencegahnya. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara ampun membuat bibir tidak kering, dilansir dari Merdeka.com (29/04/2021).

Gosok Bibir

Setidaknya sekali seminggu kamu perlu menghilangkan sel kulit mati di bibir menggunakan scrub khusus. Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan dikat gigi.

Basahi bibir menggunakan air hangat dan gosok dengan sikat gigi yang lembut. Lakukan ini secara perlahan agar lidah tidak sampai terluka.

Gunakan Lip Balm

Untuk menghindari bibir kering, kamu bisa memilih menggunakan lip balm. Pilih lip balm yang melembapkan, mengandung minyak alami, serta SPF. Kandungan SPF bisa menurunkan munculnya bibir kering.

Hindari Makanan Asin dan Pedas

Pada saat sahur dan berbuka, usahakan untuk menghindari makanan asin dan pedas. Dua jenis makanan ini bisa menyebabkan kamu merasa haus sehingga mulut dan bibir bisa mengering lebih cepat.

Hindari Membasahi Bibir Menggunakan Air Liur

Tanpa disadari, membasahi bibir menggunakan air liur bisa membuat bibir mengering lebih cepat. Usai membasahi bibir, biasanya kondisinya akan terlihat basah dan segar, namun setelah beberapa menit, bibir bakal menjadi lebih kering dibanding biasanya.

Konsumsi Madu

Madu merupakan cara alami untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Tidak hanya dengan dikonsumsi, kamu juga bisa mengoleskan madu ke bibir. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur dan kemudian menghilangkannya saat waktu sahur.

Konsumsi Cukup Air

Asupan air merupakan hal yang harus selalu diperhatikan terutama pada saat puasa. Konsumsi air dalam jumlah cukup bisa mencegah masalah bibir kering ini.

Usahakan untuk melakukan dan menghindari sejumlah hal tersebut saat puasa. Ketika bibir terluka, maka kamu juga tidak bakal bisa makan dan minum secara nikmat. (Uli)