EMTEK Menyuntik Dana Rp5,4 Triliun Ke Grab Indonesia

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 9 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – EMTEK (Elang Mahkota Teknologi) mengumumkan investasi terbarunya untuk Grab Indonesia. Managing Director EMTEK Sutanto Hartono menuturkan EMTEK menyuntikkan dana sebesar USD 375 juta atau sekitar Rp 5,4 triliun.

“Dengan investasi ini, tidak hanya memadukan bisnis yang sudah ada, tapi juga sinergi antara kedua perusahaan,” tuturnya dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, dilansir dari Merdeka.con (08/08/2021).

Sebagai langkah awal dari kolaborasi EMTEK dan Grab, keduanya akan menggelar program yang diberi nama Festival Kota Mapan. Program ini akan digelar pada September 2020 di Solo, Jawa Tengah.

Menurut Sutanto, Festival Kota Mapan merupakan program akselerasi untuk para UMKM mulai beralih ke platform digital. Hal ini dilakukan karena masih banyak UMKM yang belum melakukan transformasi digital.

Padahal, Sutanto menuturkan, transformasi digital dapat membantu UMKM mempertahankan dan memperkuat bisnisnya, terutama di tengah pandemi saat ini.

Oleh sebab itu, Festival Kota Mapan akan menghadirkan pelatihan, pemberdayaan, termasuk pemberian akses kepada platform digital bagi pelaku UMKM.

“Kami berharap dengan Festival Kota Mapan dan inisiatif lainnya, kami akan melakukan upaya konkret untuk sebanyak mungkin mengajak pelaku UMKM melakukan transformasi digital, membawa mereka ke pasar Indonesia dan juga dunia,” ujar Sutanto.

Lebih lanjut Sutanto menuturkan, kolaborasi EMTEK dan Grab tidak akan berhenti di Festival Kota Mapan. Karenanya, selain event secara langsung, tidak tertutup kemungkinan ada event virtual dan inisiatif lainnya.

Prioritas

Kedua perusahaan akan bersatu dalam mewujudkan misi bersama untuk menciptakan masa depan digital bagi Indonesia yang menjangkau semua. Prioritas utama dari kolaborasi Grab dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia.

99 persen dari semua bisnis tanah air adalah bisnis UMKM, tetapi hanya 21 persen yang memiliki akses digital. Grab dan Emtek Group akan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan), sebuah program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UMKM di kota-kota tier 2 Indonesia. (Uli)