Empat Tips Jaga Kesahatan Tulang Saat Bulan Puasa

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 8 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menjalani ibadah puasadi bulan Ramadan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan berhenti makan dan minum beberapa jam dalam sehari selama 30 hari, tubuh akan memasuki fase pembersihan alami dan racun-racun tubuh akan keluar.

Selain itu, puasa akan membantu proses pembaharuan sel-sel tulang secara optimal sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menjalani puasa di bulan Ramadan dapat membantu mencegah osteoporosis; berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang lebih rapuh dan mudah patah.

Meski demikian, agar manfaatnya didapatkan secara maksimal kita juga harus tetap menjaga kesehatan tulang dengan cara-cara berikut yang dilansir dari Dream.co.id (06/04/2021):

  1. Konsumsi kalsium dalam jumlah cukup

Orang dewasa membutuhkan 1.000-1.200 mg kalsium per hari agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Kebutuhan ini bisa terpenuhi apabila rutin mengonsumsi makanan maupun minuman yang kaya kalsium, seperti susu dan produk olahannya serta suplemen kalsium bila diperlukan, seperti Biocalci.

  1. Pilih makanan sahur dan berbuka yang sehat

Makanan manis, gorengan, dan berbagai variasi es adalah asupan yang lumrah disantap saat bulan Ramadan.

Padahal semua itu tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Agar kesehatan tubuh termasuk tulang tetap terjaga, pastikan konsumsi asupan yang sehat dan tinggi kalsium seperti susu, sayur, buah, dan yang diolah dengan cara tepat dan tanpa tambahan gula atau garam berlebihan.

Selain itu, kurangi makan kacang-kacangan dan bayam karena akan menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

  1. Berjemur secara rutin

Selain kalsium, vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D bisa didapatkan secara alami dari sinar matahari pagi. Dengan rutin berjemur di pagi hari akan membantu terhindar dari gangguan tulang.

  1. Olahraga secara teratur

Meski sedang berpuasa, olahraga tetap perlu dilakukan. Tidak perlu olahraga berat, lakukan aktivitas ringan seperti berjalan selama 20 menit di treadmill atau melakuakn olahraga sendiri di rumah, misalnya squat atau lunges setelah berbuka. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: