Empat Penyebab Jerawat Muncul Di Bahu Dan Cara Mengatasinya

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 13 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Jerawat di berbagai bagian tubuh maupun wajah memiliki penyebab yang berbeda-beda. Ada yang disebabkan oleh stres, hormon atau pola hidup kurang sehat.

Penyebab jerawat di berbagai area wajah juga berbeda-beda. Begitu pun dengan jerawat di bagian bahu.

Jika mengetahui penyebabnya, kamu pun bisa mencegah jerawat pada bahu. Dilansir dari Skincare.com, berikut penyebab jerawat pada bahu, dilansir dari Dream.co.id (11/01/2021).

Tidak mandi setelah berolahraga

Menurut Dermatologis, Elizabeth Houshmand, jerawat pada bahu lebih banyak terjadi pada pria.

Terlepas dari jenis kelamin, tidak segera mandi setelah berolahraga juga bisa menyebabkan jerawat pada bahu. Paling tidak, mandilah 10 menit setelah berolahraga.

Gesekan pada bahu

Gesekan pada kulit bisa menyebabkan jerawat, iritasi dan masalah lainnya. Hal yang sama juga terjadi pada bahu.

Umumnya, gesekan pada bahu terjadi akibat tali tas atau pakaian yang terlalu ketat. Pakailah padding untuk mencegah gesekan berlebihan pada bahu.

Tidak mengganti pakaian setelah berkeringat

Ketika berkeringat, kulit dan pakaianmu akan penuh dengan kuman maupun bakteri penyebab jerawat.

Gantilah pakaian dan bersihkan keringat segera setelah berkeringat. Bila perlu, bawalah pakaian cadangan setiap keluar rumah untuk mencegah jerawat pada bahu.

Hormon

Seperti di area tubuh lainnya, jerawat pada bahu juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Ini banyak terjadi pada wanita yang telah mengalami masa pubertas, sehingga lebih rentan berjerawat.

Setelah mengetahui berbagai penyebab munculnya jerawat di bahu, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah tidak menyentuh jerawat tersebut.

Kebiasaan menyentuh jerawat malah akan memperparah kondisi kulitmu. Gunakan obat jerawat atau berkonsultasilah dengan dermatologis untuk mengatasinya.

Jika ingin mencegah menyentuh jerawat, gunakanlah acne cover yang dijual di pasaran. Acne cover juga bisa melindungi jerawat dari gesekan maupun bakteri. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: