Empat Manfaat Mencuci Penis Dan Vagina Setelah Berhubungan Seks

FOTO: okezone.com/indolinear.com
Jumat, 15 Maret 2019

Indolinear.com, Jakarta – Setelah bersenggama, ada baiknya Anda langsung mencuci alat kelamin. Dengan membersihkan alat kelamin, Anda bisa terhindar dari infeksi yang menyakitkan di area organ vital.

Baik perempuan atau laki-laki tidak boleh malas untuk membersihkan alat kelamin segera pasca-senggama. Ada banyak manfaat baik yang bisa diperoleh dan jelas menguntungkan.

Kalau tidak melakukannya, hati-hati berbagai masalah kesehatan kelamin. Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Immunity, bakteri spesifik yang ada di vagina Anda dapat memainkan peran yang tidak dikenal dalam penularan HIV.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa perempuan yang alat kelaminnya dihinggapi spesies bakteri proinflamasi, empat kali lebih berisiko terkena HIV, dibandingkan dengan mereka yang memiliki bakteri sehat di Miss V.

Namun, terlepas dari HIV, ada berbagai masalah lain yang dapat terjadi, jika Anda tidak segara mencuci alat kelamin setelah bermain di ranjang.

Empat dampak buruk jika Anda malas mencuci Mr P atau Miss V. Ini dia ulasannya, dilansir dari Okezone.com (14/03/2019) lebih lanjut.

Menghindari penumpukan smegma

Smegma adalah penumpukan sel kulit mati, minyak dan berbagai cairan di ujung Mr P Anda atau di lipatan Miss V Anda. Meskipun smegma tidak berbahaya, pembentukan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Maka itu cucilah alat kelamin Anda secara teratur untuk menghindari pembentukan smegma itu. Namun, kalau Anda melakukannya secara teratur, tapi tidak ada efeknya, segera konsultasi ke dokter.

Mencegah infeksi

Setelah berhubungan seks, cairan semen akan terperangkap di bawah kulit Mr P Anda, sehingga dampaknya dapat menyebabkan infeksi. Jadi mencuci alat kelamin Anda setelah tindakan seks untuk mengusir kuman. Awas, kalau tidak Anda bisa terancam infeksi jamur yang menyebabkan rasa gatal, bau tak sedap sampai terasa nyeri.

Bisa hilangkan bau kelamin

Setelah bercinta, tubuh Anda pasti akan berkeringat, sehingga bisa memperburuk kondisi Mr P dan Miss V. Anda perlu mencucinya dengan baik. Kemudian rajinlah mengoles atau makan yoghurt, karena probiotiknya bisa menjaga keseimbangan pH Anda.

Juga, Anda disarankan minum jus cranberry karena mampu mengurangi bau genital, serta kandungan antioksidannya tinggi yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Cegah infeksi jamur

Bila seorang perempuan terkena infeksi jamur bisa merusak tingkat pH vagina, serta meningkatkan bau asam. Jadilah hal itu bisa menimbulkan sarang bakteri yang berbahaya. Makanya rajin-rajinlah mencuci alat kelamin pasca-berhubungan seks karena bisa mengurangi risiko infeksi jamur. (Uli)