Empat Makanan Ternate Yang Paling Mudah Dicari

FOTO: net/indolinear.com
Minggu, 21 Juni 2020
Nusantara | Uploader puspita
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT REPRODUKSI. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com,┬áTernate – Kota Ternate pernah menjadi Ibukota sementara Provinsi Maluku Utara tahun 1999 sampai dengan tahun 2010. Wilayah Kota Ternate didominasi oleh laut, sehingga mayoritas makanan khasnya tidak lain adalah berbahan baku ikan.

Di Ternate ada empat makanan khas yang mudah sekali dicari oleh penduduk sekitar bahkan wisatawan sekalipun. Makanan khas Ternate banyak dijual di pinggir pantai dan pasar-pasar tradisional.

Berikut mkanan khas Ternate yang wajib dicoba.

Gohu ikan

Gohu ikan termasuk seafood yang paling dicari wisatawan. Bahan utamanya adalah ikan mentah biasanya yang dipakai untuk membuat gohu ikan adalah ikan cakalang atau ikan tuna. Ikan tersebut dicampur dengan berbagai macam bumbu yang membuat rasanya segar.

Ikan Komu Asar

Ikan komu asar terbuat dari ikan cakalang yang dicampur bumbu rempah lalu diasapi selama beberapa hari sampai tekturnya mengering. Kenikmatan menyantap ikan komu asar semakin lengkap bila ditambah dengan sambal colo-colo khas Ternate.

Bagea

Membuat Bagea sangatlah mudah. tepung sagu dicampur bersama gula merah, kayu manis dan pala lalu dibungkus dengan daun enau atau daun lontar, diamkan sampai adonan mengering.Biasanya bagea dimakan sebagai pendamping kopi atau teh.

Sayur Lilin

Sayur lilin biasanya diolah menjadi sayuran bersantan atau digoreng dengan baltan telur. Sayur lilin sendiri terbuat dari terubuk atau telur tebu.(pit)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: