Empat Dampak Berbahaya Yang Mungkin Muncul Ketika Seseorang Mandi Sebelum Tidur

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 8 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada masyrakat yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia, mandi merupakan kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari. Jam mandi milik seseorang bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing individu.

Ada orang yang memiliki kebiasaan secara teratur mandi dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Ada juga yang mandi pada siang dan malam hari atau sebelum tidur.

Berbedanya kebiasaan dari masing-masing individu ini memang merupakan hal yang wajar. Beberapa orang bahkan memilih mandi di malam hari sebelum tidur untuk membersihkan diri dari kotoran yang menempel sepanjang hari.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mandi sebelum tidur ini bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan. Dilansir dari Merdeka.com (06/11/2021), berikut sejumlah dampak buruk yang bisa dialami oleh seseorang dari kebiasaan mandi sebelum tidur.

1.Sulit Tidur

Mandi air panas sebelum tidur memang bisa terasa sangat menenangkan. Namun, ternyata hal ini juga bisa menimbulkan dampak negatif terhadap siklus tidur.

Untuk dapat tidur dengan nyenyak dan mudah, temperatur tubuh sebaiknya lebih rendah dari sebelumnya. Ketika kamu mandi air panas, temperatur tubuh justru bisa meningkat sehingga tubuh sulit menyesuaikan. Jika kamu memang ingin mandi air panas atau hangat, disarankan untuk melakukannya satu hingga dua jam sebelum tidur.

  1. Jantung Berdebar Lebih Kencang

Mandi air panas sebelum tidur juga bisa menyebabkan jantung berdetak lebih kencang. Padahal untuk bisa tidur nyenyak, detak jantung yang relatif lembat sangat dibutuhkan.

Mandi air panas bisa meningkatkan tekanan darah dan semakin tinggi tekanan darah, maka semakin tinggi beban pada jantung. Lebih lanjut, hal ini bisa membuatmu sulit tertidur dan malah terjaga lebih lama.

  1. Membuat Gemuk

Mandi air panas usai makan malam sepertinya merupakan hal yang sangat nyaman dilakukan. Namun, faktanya hal ini bisa memmbuat sistem pencernaan menjadi bingung dan justru berujung bertambahnya berat badan.

Pencernaan membutuhkan peningkatan tekanan darah ke arah perut. Sementara itu, mandi menyebabkan darah mengalir pada bagian lain tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk memberi jeda 30 menit terlebih dahulu usai makan sebelum kamu mandi air hangat.

  1. Berdampak Buruk bagi Kesehatan Rambut

Mandi tetap sebelum tidur bisa menyebabkan rambut menjadi basah. Jika kamu tetap nekat tidur dalam kondisi rambut basah atau sedikit basah, maka terdapat dampak buruk yang bisa kamu alami.

Tidur dalam kondisi rambut basah bisa membuat sarung bantal menyerap kelembapan dan menciptakan kondisi lembap dan hangat. Kondisi ini bisa memicu pertumbuhan bakteri yang kahirnya menyebabkan masalah kulit kepala seperti gatal, iritasi, dan ketombe. (Uli)