Empat Cara Untuk Jaga Kesehatan Emosi Di Tengah Kondisi Pandemi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 15 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pikiran yang sehat bisa jadi pemicu dari tubuh yang juga sehat dalam melawan sejumlah ancaman penyakit. Hal sebaliknya juga dapat terjadi pada tubuh. Ketika emosi sedang rapuh, maka tubuh juga bakal mudah sakit.

Di tengah musim hujan yang terjadi serta serbuan virus corona saat ini, menjaga kesehatan tubuh semakin penting untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menjaga pikiran dan emosi tetap dalam kondisi terbaik.

Ketika diimbangi dengan gaya hidup yang sehat dan menjaga kebersihan, hal ini bisa membuatmu terlindung dari serbuah penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosi ini.

Menjaga kesehatan emosional dalam tubuhmu ini bisa kamu lakukan dengan sejumlah cara. Dilansir dari Merdeka.com (13/09/2021), berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan emosional.

Dengarkan Kondisi Tubuh

Mengetahui lebih dalam kondisi tubuh bisa membantu dalam menjaga kesehatan emosional. Kenali tanda kecemasan, kesedihan, kemarahan, serta perubahan di tubuh seperti menurunnya nafsu makan, rasa sakit, atau rasa panas dan dingin yang kamu alami. Mengetahui lebih awal kondisi tubuh bisa membantu mencegah risiko munculnya masalah yang lebih berat dan mengatasinya secepat mungkin.

Senangkan Diri Sendiri

Untuk mencegah diri dari serangan stres, menjaga kesenangan serta gaya hidup yang baik bisa menjadi cara. Lakukan rutinitas normal sehari-hari, konsumsi makan sehat, tetap aktif secara fisik, serta tidur yang cukup. Lakukan banyak interaksi dengan teman dan keluarga serta lakukan kegiatan menyenangkan untuk membuatmu sehat secara emosional.

Ikuti Perkembangan Berita dan Cek Fakta

Pada saat meningkatkan ketakutan akibat virus corona seperti saat ini, banyak kabar bohong beredar mengenai penyakit tersebut. Sangat penting untuk mengetahui kebenaran mengenai suatu berita agar terhindar dari kondisi tak menentu dan membuat stres. Walau begitu, ketika situasi memburuk, sebaiknya kamu berhenti sementara waktu untuk membaca berita dan mulai tenangkan pikiran.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dan bersih merupakan cara terbaik dalam menangkal berbagai masalah kesehatan yang mungkin muncul. Usahakan untuk hindari sentuhan ke wajah serta cuci tangan secara rutin. Hindari juga interaksi dengan orang yang sedang sakit terutama yang batuk dan bersin.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu menjaga kesahatan emosional dan membuatmu terhindar dari masalah kesehatan. Cara ini bisa membantu kekebalan tubuhmu tetap terjaga terutama pada kondisi seperti saat ini. (Uli)