Empat Cara Mencegah Munculnya Rasa Sakit Di Pantat Akibat Bersepeda

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 23 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu hobi yang pada saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang adalah bersepeda. Hobi ini dianggap sebagai sebuah olahraga yang aman dilakukan dan juga menyenangkan pada masa pandemi COVID-19.

Olahraga bersepeda ini memang merupakan salah satu jenis olahraga yang menyehatkan serta menyegarkan pikiran. Selain itu, hal ini juga cukup mudah dilakukan sehingga banyak yang melakukannya.

Banyak orang yang sebelumnya tidak familiar bersepeda menjadi melakukan hal ini. Kondisi ini menyebabkan mereka yang tidak biasa bersepeda kadang mengalami suatu kondisi sakit yang tak nyaman terutama di bagian pantat.

Bersepeda dalam waktu yang lama memang bisa menyebabkan rasa tak nyaman terutama pada bagian tubuh yang kontak langsung dengan sadel. Hal ini terjadi karena tulang kita yang berada di pantat harus menahan berat badan meksimum tubuh sehingga menyebabkan rasa tak nyaman dan sakit.

Fokusnya berat tubuh pada area yang kecil menyebabkan banyaknya tekanan pada tulang tempat kamu duduk. Hal ini menurunkan aliran darah di bagian tersebut dan menyebabkan peradangan.

Lebih lanjut, perubahan berat badan secara konstan akibat mengayuh pedal bisa menyebabkan gesekan dan panas sehingga terjadi lecet. Masalah umum yang dialami sebagia besar pesepeda adalah eksim kulit akibat keringat.

Walau tak nyaman, masalah ini bisa disebut tidak seberapa berat dan mudah diatasi. Dilansir dari Merdeka.com (21/09/2021), berikut sejumlah cara untuk mencegah munculnya rasa sakit di pantat akibat bersepeda.

Mulai Bersepeda Secara Perlahan

Jika kamu pemula yang baru mulai bersepeda, awali hal ini dengan perlahan. Mulai bersepeda sejauh dua kilometer setiap hari kemudian setelah seminggu tingkatkan menjadi lima kilometer dan seterusnya.

Membiasakan tubuh untuk memulainya secara perlahan merupakan hal yang tepat dilakukan. Hal ini bisa memberi waktu yang tepat bagi tubuh untuk beradaptasi dengan prubahan dan mengatasi tekanan.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Menggunakan pakaian yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan untuk segala hal. Gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat, nyaman, serta bersih untuk mencegah rasa tak nyaman terutama di area sekitar pantat.

Berkeringat merupakan hal yang umum terjadi saat bersepeda. Namun jika kamu melakukannya dengan salah serta kurang bersih, hal ini bisa berdampak buruk.

Pilih Sadel dengan Tepat

Pemilihan sadel dengan ukuran yang tepat dan nyaman juga memainkan peran penting dalam mencegah rasa tak nyaman pada pantat. Selain itu, pastikan juga agar sadel tidak terlalu tinggi.

Pastikan sadel cukup nyaman dan disesuaikan dengan tinggi badan milikmu. Jika kamu merasa kurang nyaman dengan ukuran dan model sadel milikmu, maka pastikan untuk menyesuaikan tinggi sadel.

Ubah Posisi pada Saat Bersepeda

Seperti telah dibahas sebelumnya, posisi bersepeda menyebabkan munculnya masalah pada pantat. Hal ini bakal terjadi terutama ketika posisi bersepeda yang dilakukan tetap.

Mengubah posisi bersepeda bisa membantu mencegah munculnya masalah ini. Perubahan ini bisa membuat beban tubuhmu tidak terus terpusat hanya pada satu titik saja.

Jika rasa sakit dan tak nyaman yang muncul in terjadi secara terus-menerus, maka sebaiknya kamu berhenti bersepeda untuk sementara waktu. Namun jika hal ini tetap terjadi, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai masalahmu. (Uli)