Empat Campuran Bahan Aktif yang Bisa Meningkatkan Manfaat Skincare

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Senin, 18 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu cara mengisi waktu luang saat pandemi Covid-19 adalah melakukan perawatan kulit lebih intens.

Selain mencoba berbagai jenis skincare, kamu juga bisa mencampurkan kandungan untuk meningkatkan manfaat produk pada kulit.

Mengkombinasikan kandungan skincare pada dua skincare yang berbeda bisa saling membantu meningkatkan manfaatnya pada kulit.

Asalkan, padu padan kandungannya tepat dan cocok untuk kebutuhan kulitmu. Dilansir dari Dream.co.id (16/01/2021), berikut kombinasi kandungan yang bisa saling melengkapi.

Hyaluronic acid dan niacinamide

Mungkin kamu sudah mengetahui manfaat hyaluronic acid pada wajah, yaitu memberikan kelembapan ekstra. Namun jika dipadukan dengan niacinamide, kamu bisa mencegah dan mengatasi jerawat.

Hal ini dikarenakan niacinamide mampu mengatasi jerawat dan peradangan. Sehingga ketika dicampurkan dengan kandungan yang melembapkan, jerawatmu akan lebih cepat sembuh dan kulit pun lebih tenang serta segar.

Vitamin C dan tabir surya

Jika kamu mengetahui manfaat keduanya, mungkin manfaatnya sudah bisa diketahui. Vitamin C terkenal dengan manfaatnya untuk mencegah antioksidan serta meratakan dan mencerahkan warna kulit.

Ketika dipadukan dengan tabir surya, kamu bisa mencegah berbagai masalah kulit akibat paparan sinar UV. Termasuk mencegah penuaan dini.

Glycolic acid dan ceramide

Glycolic acid merupakan turunan dari AHA yang mampu mengeksfoliasi, memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus dan mudah menyerap kelembapan.

Oleh karena itu, glycolic acid sangat cocok dikombinasikan dengan ceramide yang mampu melembapkan dan memperkuat lapisan pelindung kulit.

Humectants, emollients dan occlusives

Ketiganya memiliki fungsi yang hampir mirip, yaitu melembapkan. Tapi selain melembapkan, ketiganya memiliki turunan yang memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Turunan humektan seperti asam hyaluronat dan gliserin dapat mengikat air pada lapisan teratas kulit, sehingga kelembapan tetap terjaga serta mencegah kulitmu menjadi lebih sensitif.

Emollients seperti squalene dan ceramide dapat memperkuat lapisan pelindung kulit. Sedangkan occlusives seperti petroleum dan beeswax dapat mengunci kelembapan.

Jadi ketika ketiga jenis kandungan ini digabungkan, kulitmu akan jauh lebih lembap. Kombinasi ketiganya sangat bermanfaat untuk digunakan di musim hujan. Apalagi jika beraktivitas di ruangan ber-AC. (Uli)