Emmerson Mnangagwa Dilantik Jadi Presiden Baru Zimbabwe

kompascom/indolinear.com
Sabtu, 25 November 2017
loading...

Indolinear.com, Zimbabwe- Zimbabwe resmi memiliki seorang presiden yang baru. Wakil presiden yang sempat dipecat, Emmerson Mnangagwa, telah dilantik dan mengucap sumpah sebagai presiden.

Prosesi pelantikan dilangsungkan di stadion olahraga nasional Harare, Jumat (24/11/2017), dengan dihadiri puluhan ribu warga Zimbabwe dan pendukung Mnangagwa.

Mnangagwa menggantikan presiden sebelumnya, Robert Mugabe, yang mengundurkan diri setelah didesak militer.

Sempat tersingkir dan dipecat dari posisi wakil presiden karena berselisih dengan istri Mugabe, Mnangagwa sukses membalik keadaan dan menempati posisi pemimpin tertinggi Zimbabwe.

“Saya Emmerson Dambudzo Mnangagwa bersumpah bahwa sebagai presiden Republik Zimbabwe saya akan setia kepada Zimbabwe, mematuhi, menjunjung tinggi, dan mempertahankan konstitusi dan undang-undang Zimbabwe,” ujarnya saat diambil sumpahnya di hadapan hakim agung.

Puluhan ribu warga Zimbabwe memadati Stadion Olahraga Nasional Harare untuk menyaksikan secara langsung proses pelantikan presiden baru mereka.

Sejumlah penembak jitu bersiaga di sekitar stadion di tengah ketatnya pengamanan setelah pendukung Mnangagwa mulai memasuki lokasi dengan diiringi tarian dan musik. (Gie)