Emisi Bersih Asian Games Hangzhou 2022, Pelaksana Menyediakan 300 Kendaraan Listrik

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 22 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Hangzhou – Meski Asian Games Hangzhou baru terwujud pada 10-25 September 2022, panitia pelaksana sudah menyediakan 300 kendaraan listrik.

“Kendaraan-kendaraan ini sudah tersedia untuk mendukung program emisi bersih Asian Games 2022,” kata pernyataan di laman resmi Asian Games Hangzhou 2022, yang dilansir dari Kompas.com (21/12/2021).

Kendaraan-kendaraan listrik yang tersedia terdiri dari mobil dan motor.

“Kami menyediakan juga titik-titik untuk mengecas,” kata pernyataan itu.

Selanjutnya, Provinsi Sichuan, wilayah barat China menjadi pendukung pasokan energi hijau untuk Asian Games Hangzhou 2022. Laman resmi pemerintah Hangzhou menyebut bahwa ada satu wilayah otonomi di China barat laut yang juga menjadi penyokong keberlangsungan Asian Games edisi ke-19 ini.

“Pendukung satu lagi adalah Wilayah Otonomi Ningxia Hui,” kata pernyataan resmi terkini pemerintah Hangzhou.

Hangzhou terlatak di Provinsi Zhejiang, China barat laut.

Zhejiang adalah provinsi terbesar keempat di China. Sichuan, Ningxia Hui, dan Zhejiang, secara geografis memang berdekatan.

Pemerintah Hangzhou dalam informasinya mengatakan bahwa energi hijau berasal dari pembangkit listrik tenaga surya. Total ada 56 lokasi laga dan perkampungan olahraga yang mendapatkan pasokan listrik energi hijau tersebut.

Penyelenggara Asian Games Hangzhou 2022 (HAGOC) dalam perhitungan ikhwal energi hijau menyebut bahwa total konsumsi energi listrik mencapai 595 juta kilowatt hours (KWH).

Jumlah itu mereduksi pembakaran 73.100 metrik ton batubara yang menghasilkan 507.500 ton karbon dioksida. Jumlah karbon dioksida sebanyak itu dalam satu tahun bisa diserap oleh 280.000 pohon.

Di Indonesia perkembangan kendaraan listrik memasuki tahap yang kian dikenal banyak orang. Kesempatan ini menjadi ajang kerja sama antara tiga pihak. Ketiganya adalah Swap Energi Indonesia, Circle-K, dan Smoot Motor Indonesia.

Menurut founder Swap Energi Indonesia Irwan Tjahaja, pihaknya menghadirkan fasiltas Swap baterai gratis di gerai-gerai Circle-K di Bali.

Sementara, pihak Smoot Motor Indonesia menyediakan Smoot Motor Listrik Pintar (SMLP) yang dilengkapi dengan Swap baterai.

SMLP juga terintegrasi dengan aplikasi SWAP Energi dengan berbagai fitur pilihan untuk menemukan titik penukaran baterai terdekat, cek kondisi motor maupun baterai, dan mengaktifkan sistem keamanan anti-maling. Hanya dengan melakukan penukaran baterai 9 detik, pengguna sudah mendapatkan baterai yang penuh di setiap gerai Circle-K.

“Garansi baterai seumur hidup,” ucap Irwan Tjahaja dalam rilis pada Senin (20/12/2021).

Irwan menambahkan, pengguna hanya cukup membayar apa yang dipakai.

Caranya, pengguna melakukan top up kuota perjalanan berbasis kilometer saat mengendarai motor melalui aplikasi.

“Ini saatnya bagi Indonesia mengambil langkah nyata peduli pada sosial dan lingkungan,” tutur Direktur Utama PT. Circleka Indonesia Utama Yosef Nyoman Gunadi. (Uli)

loading...