Elon Musk Akan Habiskan Rp14,2 Triliun Untuk Bangun Pabrik Baru

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 29 November 2021
loading...

Indolinear.com, Texas – Lebih dari US$ 1 miliar atau Rp 14,2 triliun akan dihabiskan Tesla Inc untuk membuat pabrik kendaraan barunya di Austin, Texas. Produsen mobil listrik itu juga berencana menyelesaikan konstruksi pabrik pada akhir 2021.

Dokumen pengajuan publik yang diajukan ke Departemen Perizinan dan Regulasi Texas (TDLR) menguraikan pengeluaran Tesla untuk berbagai kemampuan manufaktur di pabrik Austin. Perusahaan berencana untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas perakitan umum, cat, pengecoran, stamping dan body shop pada 31 Desember.

Kelima fasilitas tersebut akan memiliki luas persegi gabungan hampir 4,3 juta (0,4 kilometer persegi), dan biaya gabungan 1,06 miliar dollar AS, menurut pengajuan. Outlet berita kendaraan listrik, electrek, pertama kali melaporkan pengajuan tersebut, dikutip dari Liputan6.com (27/11/2021).

Kepala Eksekutif Tesla, Elon Musk sebelumnya mengatakan, perusahaan berencana untuk memulai produksi terbatas SUV ukuran menengah Model Y pada 2021, dan produksi volume tinggi mulai 2022.

Kantor Pusat Tesla Pindah

Konstruksi untuk pabrik baru Tesla, yang terletak dekat dengan bandara di pinggiran timur Austin dan diproyeksikan menelan biaya US$ 1,1 miliar dimulai selama musim panas 2020.

Perusahaan diharapkan menerima hampir 65 juta dollar AS dalam potongan pajak lokal untuk pabrik, dan Tesla mengatakan akan menciptakan sekitar 10.000 pekerjaan, kebanyakan dari mereka berketerampilan rendah.

Tesla juga mengatakan akan memindahkan kantor pusatnya ke Austin, Texas dari California. (Uli)