Ekosistem Dan Spektrum Perlu Dipersiapkann Menjelang Teknologi 5G

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 19 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Manager Network Master Plan Telkomsel, Harry Utama mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk penerapan teknologi generasi ke-5. Persiapan pertama adalah ekosistem dan yang kedua adalah spektrum.

“Saat ini untuk terkait dengan penerapan 5G masih dikaji oleh pemerintah. Kami juga terus menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait,” kata Harry dalam Samsung Galaxy S21 Series 5G Tech Series Workshop bertajuk 5G Myth Busting, dilansir dari Merdeka.com (18/03/2021).

Harry menambahkan, perusahaan tetap konsisten melakukan persiapan jaringan tersebut, baik pada segi software maupun hardware. Upaya tersebut guna mencapai gaya hidup digital yang inklusif di Indonesia.

Dorong Pengalaman Pengguna

Harry mengatakan, ketika telah diterapkan di Indonesia secara luas, 5G akan meningkatkan pengalaman digital penggunanya.

“Diharapkan implementasi akan mengembangkan pengalaman [pengguna] di Indonesia,” tutur Harry.

Seperti diketahui, Telkomsel telah melakukan uji coba layanan 5G pada beberapa acara di Indonesia sejak 2017 lalu. Yakni, 5G Demo di Jakarta, Telkomsel 5G Experience Center pada pelaksanaan Asian Games di Jakarta, dan Telkomsel 5G for Industry 4.0 di Batam. Terakhir, pada The NextDev Summit di Jakarta pada Desember 2019 lalu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: