Edukasi Pembuatan Laporan Laba Rugi yang Benar dari Mahasiswa UNPAM untuk UMKM di Pondok Labu Cilandak Jakarta

FOTO: Kegiatan PMKM di Desa Pondok Labu, Cilandak Jakarta.
Jumat, 28 Januari 2022
Jakarta | Uploader puspita

Indolinear.com, Jakarta – Dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, maka mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) dengan tema “Mengedukasi UMKM dalam Pembuatan Laporan Laba Rugi yang Baik dan Benar”.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Pondok Labu, Cilandak, Jakarta, pada Minggu (07/11/21). Dengan jumlah peserta sebanyak  20 orang terdiri dari ibu-ibu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa yang terdiri dari Dwi Retnowati (Ketua Pelaksana), didampingi anggota kelompok, Dwi Sulastri, Siti Noerkholifah, dan Zubaidah. Serta dengan dibimbing oleh Dosen Program Sarjana Prodi Akuntansi Syamsul Asmedi, S.E.,M.M.,M.Ak. yang hadir dalam kegiatan bertajuk Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) itu.

Dok : Foto bersama Ibu-Ibu di Desa Pondok Labu, Cilandak Jakarta.

Laporan Keuangan Laba Rugi dipilih karena Laporan Laba Rugi merupakan suatu laporan yang menunjukkan kinerja keuangan perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini berfungsi sebagai alat untuk memonitor kemajuan dan kemunduran keuangan suatu perusahaan atau usaha.

Membuat laporan keuangan pada sektor UMKM sangat penting karena selain bisa mengontrol biaya operasional bisnis sehingga mengetahui laba rugi usaha, mengetahui hutang piutang, dan memperhitungkan pajak.

Jika pelaku UMKM tidak memiliki catatan keuangan yang terorganisir sesuai dengan standar akuntansi, bisa menyebabkan kerugian. Akibatnya laba/rugi tidak bisa diperhitungkan dan rentan terjadi kekeliruan data finansial.

Dok : Kegiatan PMKM di Desa Pondok Labu, Cilandak Jakarta.

“Kami sangat senang dengan diadakannya pelatihan ini, karena dengan ini kami jadi tahu pentingnya laporan keuangan laba rugi untuk usaha yang kami tekuni,” tutur Ibu Irma, salah satu peserta pelatihan.

“Kami juga diajarkan bagaimana caranya menyusun laporan keuangan laba rugi yang baik dan benar, tentunya ini sangat membantu kami agar kedepannya usaha kami jauh lebih tersusun rapih keuangannya,” lanjutnya.

Jalannya kegiatan pelaksanaan program pengabdian di Kelurahan Desa Pondok Labu, Cilandak, Jakarta, berjalan dengan baik. Program pengabdian berupa pelatihan dan teori mengenai proses pembuatan dan penyusunan laporan keuangan laba rugi.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 metode, yaitu presentasi dan diskusi serta monitoring dan evaluasi menjelaskan materi tentang proses pembuatan dan penyusunan laporan keuangan laba rugi.

Setelah pelatihan selesai, mahasiswa juga mendorong agar para ibu-ibu yang saat ini menjalani usaha UMKM dapat menerapkan penyusunan laporan keuangan untuk dapat mengontrol biaya operasional bisnis sehingga mengetahui laba rugi usaha.(ret/ist)