Dukung PON Papua 2021, PWI bersama Kemenpora Buka Media Center

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 3 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) turut mendukung pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

PWI menunjukkan dukungan tersebut dengan membuka Media Center PON Papua 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Tidak sendirian, PWI bekerjasama dengan sejumlah pihak dalam pembukaan Media Center PON Papua 2021, salah satunya adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Selain Kemenpora, PWI juga bekerjasama dengan Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Pusat, Sportbloc, Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Media Center PON Papua 2021 dibuat untuk memberikan dukungan informasi kepada media-media di Jakarta dan sekitarnya.

Keberadaan Media Center ini diharapkan bisa memberikan beragam informasi yang dibutuhkan terkait penyelenggaraan PON Papua 2021.

Media Center PON 2021 di Jakarta juga akan bersinergi dengan tiga Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang tersebar di tiga wilayah Papua, yakni Jayapura, Mimika, dan Merauke.

“Saya berharap komunikasi media center yang di Jakarta dengan media center Kominfo yang ada di tiga wilayah di Papua ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga, rekan-rekan media yang tidak datang, kebutuhan informasinya bisa terpenuhi,” kata Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, secara daring dari Papua.

Otomatis, keberadaan media center PON Papua 2021 di Jakarta juga didukung oleh Kominfo, dilansir dari Kompas.com (02/10/2021).

“Prinsipnya, kami (Kominfo), KONI, PB PON, serta pemerintah daerah berusaha sekuat tenaga memenuhi kebutuhan informasi rekan-rekan media di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong.

“Media Center di Jakarta ini merupakan bagian dari sarana yang disediakan untuk mendukung peliputan PON di Papua, agar bisa dinikmati, dibaca, diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Usman Kansong.

“Sekali lagi pemerintah menyediakan seluas-luasnya sarana peliputan bagi media. Harapannya penyelenggaraan dan kelancaran PON bisa berjalan bagus lewat peliputan yang positif, kondusif, dan kritis,” katanya menambahkan.

Selain bersinergi dengan tiga Media Center Kominfo di Papua, Media Center di Jakarta juga bakal berhubungan langsung dengan Media Center PB PON yang ada di Kota Jayapura, tepatnya di kantor gubernur.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari menambahkan, kerja sama antara Media Center dan Sportbloc dibuat untuk mendukung penyebaran informasi terkait prestasi olahraga nasional, sebagai backup informasi.

“Informasi jadi bisa tersampaikan lebih cepat dan tepat ke masyarakat. Ujungnya, ini bisa memotivasi KONI Pusat melahirkan PON berprestasi di Papua,” kata Atal. (Uli)