Dubes Inggris Sampaikan Pesan Hari Bumi Di Tengah Pandemi Covid-19

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 23 April 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, menyampaikan pesan Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Dilansir dari Tribunnews.com (22/04/2020), Owen mengingatkan, peringatan Hari Bumi tahun ini yang memasuki tahun ke-50 memiliki tantangan baru, yakni adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

“Tindakan pemerintah dan masyarakat sedang fokus untuk penanganan virus tetapi kita tidak boleh kehilangan fokus terhadap tantangan lain yang kita hadapi sebagai umat manusia, yakni perubahan iklim,” kata Owen.

Ia mengatakan, pentingnya kerja sama negara dan komunitas lingkungan internasional dalam penanganan perubahan iklim, terlebih Indonesia memiliki keanekaragaman alam yang indah.

Satu solusi yang bisa dilakukan adalah fokus pada energi terbarukan, agar keindahan lingkungan bisa dinikmati generasi mendatang.

“Indonesia membuat progres dalam melindungi harta karun itu dengan mengurangi deforestasi, mengurangu sampah plastik, dan melindungi samudera, tetapi seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia tetap rentan dari dampak perubahan iklim. Sebagai negara kepulauan, seperti negara saya Inggris, Indonesia rentan terhadap naiknya level permukaan laut,” ujar Dubes.

Dubes Owen juga berkata tahun depan Inggris akan jadi tuan rumah COP26 dan berharap penyelenggaraan kegiatan itu sukses.

“Saya berharap situasi krisis yang diakibatkan oleh covid-19 bisa mereda dan kita bisa kembali ke aktivitas seperti biasa. Tentunya saya menantikan untuk bisa kembali bekerja sama dengan indonesia untuk mengatasi perubahan iklim. Bersama kita bisa!,” ujar Owen. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: