Dua Warga Binaan Lapas Bekasi Sumbang Lima Ekor Kambing Kurban

FOTO: detik.com/indolinear.com
Selasa, 12 Juli 2022

Indolinear.com, Bekasi – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bekasi turut mengadakan pemotongan hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 1443 H. Dalam kegiatan itu, dua warga binaan Lapas turut menyumbang hewan kurban.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik Kiki Oditya menjelaskan pihak Lapas menyembelih sebanyak empat ekor sapi dan sembilan ekor kambing. Lima ekor kambing, kata dia, berasal dari dua orang napi.

“Lapas kelas IIA Bekasi, Jawa Barat melaksanakan pemotongan dan penyembelihan hewan kurban sebanyak empat ekor sapi dan sembilan ekor kambing,” kata Kepala Seksi Binadik Lapas II A Bekasi Kiki Oditya kepada wartawan, dilansir dari Detik.com (11/07/2022).

“Untuk warga binaan yang menyumbang, memberikan dan menyalurkan hewan kurbannya ada dua (orang), sebanyak lima ekor kambing,” tambahnya.

Selain itu, Kiki menjelaskan setidaknya ada 12 tahanan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan kurban di Lapas IIA Bekasi tersebut. Mereka mendapat tugas menjadi penyembelih hewan dan pemotong daging untuk dibagikan.

“Untuk warga binaan yang dilibatkan menjadi panitia penyembelihan dan pemotongan sebanyak 12 orang semua di dalam Lapas Bekasi,” kata Kiki.

Dia menjelaskan nantinya daging kurban tersebut akan dibagikan secara merata kepada para tahanan yang menghuni Lapas Kelas IIA Bekasi. Kiki menyebut setidaknya ada 1.932 tahanan yang menghuni Lapas.

“Untuk dagingnya didistribusikan ke seluruh warga binaan, kebetulan hari ini ada 1.932 dan itu langsung didistribusikan, tapi kita olah dulu kita masak dengan matang baru didistribusikan,” sambungnya.

Napi Ikut Kurban

Salah satu terpidana Narkoba, Jay (30), mengaku telah rutin menyumbangkan hewan kurban selama dua tahun belakangan di Lapas IIA Bekasi. Tahun ini, dia menyumbang tiga ekor kambing.

“Keluarga menyumbang tiga ekor kambing untuk disumbangkan. Niatnya untuk berbagi kepada teman-teman yang berada di lapas,” kata Jay saat ditemui di Lapas IIA Bekasi.

Dia menjelaskan, nantinya daging korban tersebut akan dikelola oleh panitia. Setelahnya, akan didistribusikan kepada para tahanan lain.

“Kita kembali ke pengelola, pastinya diolah lagi untuk dibagikan ke teman-teman yang ada di Lapas Bekasi ini,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Januar Effendy (41), dia merupakan terpidana Narkoba yang divonis enam tahun penjara di Lapas IIA Bekasi. Dia mengaku, ini pertama kalinya dia ikut menyumbang setelah dua tahun mendekam di Lapas.

“Di Lapas ini kan saya baru menjalankan pidana ini, jadi keluarga saya untuk berbagi di Lapas ini. Pertama kali,” kata Januar Effendy saat ditemui di Lapas IIA Bekasi, Minggu (10/7/2022).

Rencananya, daging tersebut nantinya akan diolah langsung oleh pihak dapur Lapas IIA Bekasi. Kemudian, olahan daging itu akan dibagikan kepada tahanan sebagai bentuk berbagi rasa sesama tahanan.

“Ke warga binaan semua. Nanti dari sini dipotong, dibawa ke dapur, langsung diolah, dibagi untuk makan sore, rencananya, gitu. Ya, nanti diolah di dapur, mungkin terserah dapur mau dibikin gulai, yang penting ada kuah-kuahnya lah. Yang penting berbagi rasa kita untuk mereka-mereka di dalam ini,” kata Januar. (Uli)

loading...