Dua Pesawat Dari Indonesia Membawa Bantuan Pangan Untuk Rakyat Afghanistan

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 7 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada 2 pesawat Indonesia yang akan segera tiba di Afghanistan membawa bantuan makanan dan nutrisi bagi rakyat Afghanistan bekerja sama dengan badan PBB.

Hal ini disampaikan melalui Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi pada Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022 secara virtual pada Kamis (6/1/2022).

Tidak dijelaskan pesawat jenis apa yang digunakan pemerintah untuk mengirim bantuan tersebut dan kapan tepatnya bantuan itu sampai di Afghanistan.

Namun Retno menjelaskan bahwa bahwa bantuan tersebut merupakan salah satu komitmen Indonesia untuk membantu rakyat Afghanistan.

“Posisi Indonesia selalu konsisten, ingin melihat Afghanistan damai, stabil dan sejahtera,” ujar Retno dalam paparannya, dilansir dari Tribunnews.com (06/01/2022).

Retno mengatakan menjelang tutup tahun 2021, dirinya telah menghadiri Sidang Luar Biasa Menlu OKI mengenai situasi kemanusiaan di Afghanistan.

Indonesia termasuk inisiator pelaksanaan pertemuan tersebut mengingat situasi kemanusian Afghanistan yang semakin memburuk.

Saat itu Retno menegaskan posisi Indonesia selalu konsisten, ingin melihat Afghanistan damai, stabil dan sejahtera.

Atas dorongan Indonesia sebuah Roadmap pemenuhan komitmen Taliban telah dimasukkan dalam Resolusi pertemuan OKI tersebut.

“Dalam engagement Indonesia dengan Taliban Indonesia terus mendorong agar janji yang disampaikan 16 Agustus 2021 dapat dipenuhi termasuk penghormatan terhadap hak-hak perempuan,” ujarnya. (Uli)

loading...