Dua Pemain Indonesia Siap Menyusul Asnawi Mangkualam Ke Korea Selatan

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 3 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kepindahan Asnawi Mangkualam Bahar dari PSM Makassar ke klub divisi dua Korea Selatan, Ansan Greeners, seakan menjadi pemicu pemain Indonesia lainnya untuk ikut berkarier di luar negeri.

Kabar terbaru, dua pemain Indonesia, Dallen Doke dan Muhammad Iqbal, sedang dikaitkan dengan klub Korea Selatan.

Berdasarkan laporan BolaSport, Dallen Doke dan Muhammad Iqbal berkesempatan unjuk gigi di klub divisi liga tiga Korea Selatan, Cheongju FC. Keduanya diketahui telah berada di Korea Selatan dan sedang menjalani karantina mandiri di hotel.

Meski belum berlatih bersama Cheongju FC, Dallen dan Iqbal diprediksi bisa menyusul langkah Asnawi Mangkualam yang sudah menandatangani kontrak dengan Ansan Greeners FC.

Penilaian itu disampaikan oleh Muly Munial, manajer yang menaungi kedua pemain tersebut di Munial Sport Group (MSG). MSG sendiri merupakan wadah pemain muda berkualitas Indonesia milik Muly Munial, yang juga menaungi nama-nama seperti Muhammad Kanu dan Rendy Juliansyah.

“Iqbal dan Dallen lagi di Korea Selatan dan akan berlatih bersama Cheongju FC,” ucap Muly Munial dilansir dari Kompas.com (02/02/2021).

“Tidak menutup kemungkinan bila klubnya suka, ke depannya akan direkrut oleh klub ini,” tambah Muly.

Muly sendiri enggan menyebut keberadaan dua anak asuhnya di Korea Selatan sebagai trial atau percobaan sebelum masuk klub.

Menurutnya, kebanyakan pecinta sepak bola Indonesia tidak menyukai kata-kata trial karena seakan-akan para pemain Indonesia dikejar oleh semua klub di dunia. Padahal, untuk meyakinkan klub-klub di luar negeri supaya mau merekrut pemain Tanah Air butuh usaha yang luar biasa.

Ansan Greeners Muly pun berharap supaya masyarakat Indonesia bisa menghargai usaha Dallen dan Iqbal yang ingin merintis karier di luar negeri. Meski hanya berlatih di kasta ketiga Liga Korea Selatan, usaha keduanya patut diapresiasi dan didukung sepenuhnya.

“Kita harus hargai semangat anak-anak ini untuk berjuang,” tandasnya.

Saat ini Dallen dan Iqbal tinggal di Korea Selatan dengan menggunakan visa turis. Keduanya akan kembali ke Indonesia pada April 2021.

Jika Cheongju FC berniat mempermanenkan kedua pemain tersebut, maka Dallen dan Iqbal harus memperbarui visa mereka menjadi visa kerja. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: