Dua Gempa Terkuat Guncang California, Dipicu Sesar San Andreas

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 29 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, California – Dua dari gempa bumi terkuat yang pernah melanda California menyerang daerah gurun di timur Los Angeles pada 28 Juni 1992.

Meskipun negara bagian itu berada di garis patahan San Andreas yang sangat luas, hanya relatif sedikit gempa bumi besar yang melanda California di zaman modern. Dua dari yang terkuat, tetapi bukan yang paling mematikan, menghantam California selatan pada suatu pagi di musim panas 1992, demikian seperti dikutip dari Liputan6.com (27/07/2020).

Tepat sebelum jam 5 pagi pada hari Minggu pagi 28 Juni 1992, gempa berkekuatan 7,3 melanda Landers, 100 mil sebelah timur Los Angeles. Karena area Landers yang jarang dihuni penduduk, kerusakan relatif kecil mengingat intensitas sentakan.

Di Los Angeles, penduduk merasakan goncangan yang terjadi selama hampir satu menit. Getaran juga terasa di Arizona, Las Vegas, dan dirasakan hinga sejauh Boise, Idaho .

Hanya lebih dari tiga jam kemudian, sebuah gempa bermagnitudo 6,3 kedua terjadi di Big Bear, tidak terlalu jauh dari pusat gempa asli.

Gempa ini menyebabkan kebakaran dan merenggut nyawa tiga orang. Sebuah cerobong jatuh pada seorang anak berusia 3 tahun dan dua orang menderita serangan jantung yang fatal.

Antara dua gempa, 400 orang terluka dan US$ 92 juta kerusakan diderita. Kerusakan fisik juga signifikan.

Gempa dilaporkan memicu tanah longsor yang menyapu jalan dan membuka keretakan sepanjang 44 mil, terbesar di California sejak gempa San Francisco 1906. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: