DTP Mulai Membangun Stasiun Bumi Untuk Satelit LEO Di Serang

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 4 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – PT Dwi Tunggal Putra (DTP) mulai membangun ground segment untuk satelit Low Earth Orbit (LEO) milik OneWeb seluas 10 hektar di wilayah Serang, Banten. Pembangunan ini membutuhkan waktu enam bulan untuk siap dioperasikan. Dalam konteks kerja sama ini, DTP menjadi rekanan yang ditunjuk resmi sebagai operator di Indonesia.

“OneWeb terkait satelitnya, sementara kami hanya menyiapkan dari sisi infrastruktur, data center, network internet, dan distribusinya,” ujar Michael, dilansir dari Merdeka.com (03/01/2022).

Michael melanjutkan, fasilitas Portal Jaringan Satelit OneWeb yang dibangunnya ini terdiri dari 18 antena yang dikendalikan secara otomatis. Stasiun bumi ini menyediakan area jangkauan mulai dari Thailand sisi utara, Indonesia dari timur ke barat dan Australia bagian utara di arah Selatan.

OneWeb adalah perusahaan jaringan komunikasi global yang didukung oleh 648 konstelasi satelit orbit rendah Bumi (LEO). Berkantor pusat di London, OneWeb memungkinkan konektivitas berkecepatan tinggi dan latensi rendah untuk pemerintah, bisnis, dan komunitas di mana pun di seluruh dunia.

OneWeb menyediakan layanan komunikasi yang terjangkau, cepat, bandwidth tinggi, latensi rendah yang terhubung ke masa depan IoT, dan jalur ke 5G untuk semua orang, di mana saja. Dari sisi pasar, Michael menyebut saat ini hanya akan melayani korporasi dan pemerintahan. Belum menyasar ke pengguna ritel. Meski begitu, ia meyakini melalui satelit LEO dari OneWeb mampu memberikan konektivitas sampai daerah 3T.

“Ini akan memungkinkan DTP untuk menghubungkan pemerintah, bisnis, dan komunitas dengan layanan seperti serat optik hingga ke bagian terpencil kepulauan Indonesia,” jelas dia.

Sejauh ini, kata Michael, sudah ada delapan calon konsumen yang akan bekerjasama. Sayangnya, dia masih enggan menyebutkan calon pelanggannya. DTP sendiri adalah perusahaan telekomunikasi yang berasal dari Surabaya yang berdiri sejak 1974 dan dikenal sebagai Network Access Point (NAP) generasi pertama di Indonesia pada tahun 2001.

Hingga saat ini DTP terus memperluas layanannya dengan menyediakan solusi telekomunikasi terintegrasi yang berfokus pada penyedia layanan Internet, Pusat Data, dan Telekomunikasi Satellite dengan wilayah jangkauan di seluruh Indonesia. (Uli)

loading...