DPUPR Kota Tangerang Identifikasi Kerusakan Infrastruktur Melalui Aplikasi SiData

FOTO: Eksklusif DPUPR Kota Tangerang for indolinear.com
Kamis, 29 April 2021
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang menggunakan aplikasi SiData untuk mengidentifikasi kerusakan infrastruktur.

Kepala DPUPR Kota Tangerang Decky Priambodo Koesrindartono menjelaskan, aplikasi SiData digunakan oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk mengumpulkan data-data dalam satu sistem informasi.

Sebelumnya, aplikasi SiData digunakan untuk mendata penerima bantuan sosial dan untuk memverifikasi data-data usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Decky mengatakan, masing-masing wilayah dapat melaporkan kerusakan jalan, drainase, jembatan, dan lain sebagainya.

“Khusus untuk saat ini, yang bisa mengakses fitur baru dari SiData adalah teman-teman dari kecamatan dan kelurahan,” ujar Decky, Kamis (29/4/2021).

Alasannya, lanjut dia, karena aparat kecamatan dan kelurahan sering mendapatkan keluhan dari masyarakat mengenai kerusakan-kerusakan infrastruktur di Kota Tangerang.

Dia berharap, dengan adanya aplikasi SiData, DPUPR Kota Tangerang dapat terbantu untuk melakukan simulasi perbaikan kerusakan jalan, serta menentukan strategi dan prioritas saat melakukan perbaikan.

“Dengan SiData, kerusakan-kerusakan infrastruktur bisa dicatat dan dipantau langsung kemajuannya. Sehingga yang diusulkan oleh masyarakat tidak hilang begitu saja,” ucap Decky. (ADV)