DPU Tangsel Buat Aplikasi Smart PPID Untuk Keterbukaan Informasi

sophie/indolinear.com
Jumat, 10 November 2017
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel membuat sistem perangkat lunak atau aplikasi yang disebut Smart Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Sistem ini dibuat mengacu pada Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yan mewajibkan semua instansi pemerintahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki pejabat penyedia informasi dan dokumentasi (PPID) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum  Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan dengan Smart PPID ini, pihaknya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang pelayanan publik. Dengan catatan, selagi informasi dimaksud tidak dibatasi oleh Undang-undang dalam hal penyajiannya.

“Semua informasi yang peruntukannya untuk umum akan diserahkan kepublik. Aplagi ada Undang-undang 14/2008 tentang KIP,” katanya di Serpong pada Jumat, (10/11/17).

Dijelaskannya dalam UU KIP telah diamanat agar setiap badan publik memiliki Penjabat Penyedia Informasi dan Dokumentasi (PPID). Atas rujukan tersebut, melalui keputusan walikota (Kepwal) Nomor : 043.3/KEP.105-HUK/2012 tentang Penunjukan PPID dan PPID Pembantu.

“PPID di Kota Tangsel ada di Dishubkominfo dan PPID Pembantu ada di masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Dengan adanya PPID tersebut, kini  masyarakat bisa meminta info yang dibutuhkan kepada pejabat dimaksud,” imbuhnya.

Aplikasi Smart PPID ini kata Aries untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi DPU Tangsel. Aries menjelaskan aplikasi Smart PPID DPU Kota Tangsel menampilkan berbagai fitur informasi mengenai pengajuan informasi bagi lembaga swadaya masyarakat (LSM), penyedia jasa maupun media.

“Smart PPID juga sudah diusulkan dan masukan di blue print smart city Tangsel. Awal tahun depan aplikasi Smart PPID sudah dimanfaatkan masyarakat,” jelasnya.(sophie/fin)