DPRD Kota Tangerang Sepakat Sumbang Gaji untuk Atasi Covid-19

FOTO: rahmat/indolinear.com
Senin, 6 April 2020

Indolinear.com, Kota Tangerang – Penanganan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) turut menjadi perhatian DPRD Kota Tangerang. Para legislator di kota seribu satu industri dan sejuta jasa ini sepakat untuk menyumbangkan gaji guna membantu penanganan Covid-19.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengatakan, bantuan dana tersebut akan disalurkan ke organisasi perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang atau langsung ke rumah sakit rujukan infeksi Covid-19. Gaji pokok seluruh anggota DPRD Kota Tangerang pada April 2020 akan disumbangkan.

“Cuma memang tidak besar, hanya gaji pokok kami di bulan April. Tapi itu adalah political will kami DPRD Kota Tangerang melihat kondisi saat ini,” ujar Gatot, Senin (6/4/2020).

Bantuan itu langsung dikumpulkan di Sekretaris DPRD Kota Tangerang Agus Sugiono. Bahkan, bukan hanya anggota dewan saja, para staf di sekretariat dewan merespons positif dan ikut menyumbang. Gatot menyebut, hingga kini sudah terkumpul sekitar Rp100 juta.

Tidak hanya memberikan bantuan dari gaji pokok satu bulan. Anggaran untuk pembangunan gedung DPRD Kota Tangerang sebesar Rp40 miliar akan dialihkan untuk penanganan Covid-19. Usulan pengalihan itu, kata dia, sudah disampaikan kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

“Termasuk anggaran kegiatan kunjungan kerja kita. Saya sudah minta Pak Sekwan untuk mencoba mengkalkulasi kira-kira anggaran yang potensi dialihkan, menurut catatan beliau hampir Rp6 miliar,” ucap Gatot.

Dia berharap, kebijakan itu dapat memacu pemerintah daerah setempat untuk lebih maksimal dalam penanganan Covid-19 karena sudah menjadi pandemi global. Selain itu, penggunaan anggaran agar transparan dan tepat sasaran.

Menurut Gatot, kebijakan itu dirasa perlu karena keprihatinan pada anggaran penanganan Covid-19 di rumah sakit hanya Rp28 miliar, termasuk kesejahteraan medis Rp7 miliar.

“Dengan adanya tambahan-tambahan dari berbagai anggaran, alhamdulillah sudah ada sekitar Rp90 miliar,” ucap dia.(srh)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV