DPRD Gelar Evaluasi Bersama OPD

FOTO: indolinear.com
Selasa, 9 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang –  Dewan Per wakilan Rakyat Daerah (DPRD) KabupatenTangerang gelar kegiatan Rapat Pengawasan terhadap Kinerja Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tangerang.

Acara tersebut dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 8 s/d 10 Maret 2021, bertempat di Hotel Royal PALM Cengkareng Jakarta.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H. Holid,  mengatakan kegiatan tersebut telah dijadwalkan dan ditetapkan oleh Badan Musyawarah DPRD. Komisi-komisi diwajibkan  untuk melakukan  rapat pengawasan terhadap realisasi  kinerja OPD tahun anggaran 2020.

“Kami evaluasi kinerja perangkat daerah triwulan 4 oleh masing-masing  komisi-komisi,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang Muhamad Amud, S.Sos, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini untuk mengevaluasi kinerja perangkat daerah yang minjadi mitra komisi.

Amud menyebutkan mitra kerja Komisi IV adalah Dinas Kominfo, Dinas PU Bina Marga, Dinas Perkim, Dinas Perhubungan, Dinas Bangunan dan Tata Ruang, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Menurut Amud banyak program pemerintah daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, tetapi tidak terpublikasikan secara luas ke masyarakat. Oleh karena itu, Amud berharap kepada perangkat daerah untuk menyampaikan informasi hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di masing-masing perangkat daerah baik melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang maupun perangkat daerah sendiri.

“Banyak program yang bersentuhan dan dirasakan maanfaatnya oleh masyarakat tetapi tidak terpublikasikan secara meluas kepada masyarakat. Ini penting untuk dilakukan agar publik mengetahuinya,” ujar Amud.

Politisi Partai Golkar ini melanjutkan, misalnya  program  bedah rumah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.  Setiap tahun ada 1000 lebih rumah yang di bedah oleh Pemkab, belum lagi program sanitasi Pondok Pesentren, sarana Air Bersih, serta masih banyak program unggulan lainnya.

“Semua itu dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Tapi  belum tersampaikan secara luas ke masyarakat.” terangnya.

Ketua Fraksi Partai Golkar ini berharap, Kominfo dan bagian komunikasi pimpinan Sekretariat Daerah lebih meningkatkan lagi perananya dalam mempublikasikan program kepala daerah dan wakil kepala daerah yang sudah dilaksanakan. “Secara tupoksi ini menjadi ranahnya Dinas Kominfo. Coba ditingkatkan lagi perannya, ” tandasnya saat menanggapi pemaparan Dinas Kominfo.

Secara umum realisasi anggaran maun pelaksanaanya kegiatan triwulan ke empat tahun 2020 cukup baik.”Selain serapan anggaran yang memuaskan, realiasi Pendapat Asli Daerah (PAD) dari beberapa OPD melebihi target. Seperti di Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkim dan Dishub, target pendapatnya melebihi yang ditetapkan.  Kami mengapresiasi OPD yang berhasil menaikan pendapatan. Ini luar biasa ditengah pandemi OPD sukses mendulang PAD,”pungkasnya.(pde)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: