DPR Menghadiri Pertemuan Parlemen se-Asia, Bahas Program ‘Belt And Road Initiative’

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Rabu, 26 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno menyampaikan DPR RI mengikuti pertemuan dengan sejumlah parlemen di regional Asia untuk membahas program Belt and Road Initiative (BRI) yang diinisiasi Tiongkok. Perwakilan parlemen Indonesia dipimpin Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus hadir secara virtual, untuk membahas perkembangan mega proyek BRI tersebut.

“Selain itu membicarakan dampaknya (BRI) terhadap pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata Dave usai mendampingi Pimpinan DPR RI menghadiri pertemuan itu, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, dilansir dari Dpr.go.id (25/01/2022). Hadir sebagai pembicara, Perdana Menteri Sri Lanka dan Ketua Parlemen Nepal.

Politisi Partai Golkar itu juga menyatakan, pertemuan mengharapkan setiap negara mampu mendukung BRI lewat kebijakannya masing-masing. Sehingga, kata Dave, program besar tersebut dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat tidak hanya bagi satu negara saja tapi seluruh masyarakat global.

“Tentu yang harus dipastikan adanya timbal baliknya, karenanya tujuannya itu bagaimana lebih bisa mengundang investasi sehingga perputaran ekonomi global berjalan dengan baik. Dan kita juga harus melihat kepentingan masyarakat kita seperti apa,” ungkap legislator dapil Jawa Barat VIII itu.

Lebih lanjut Dave menambahkan, Indonesia berharap proyek BRI akan mendorong pembangunan infrastruktur. “Dimana akan berefek memudahkan investasi, karena ongkos-ongkos transportasi akan turun. Lalu memudahkan perputaran barang. Kami berharap juga ada transfer of technology antar negara, sehingga akan ada peningkatan sumber daya manusia di masa depan,” pungkas Dave. (Uli)