DPR Imbau Jemaah Haji Indonesia Fokus Menjaga Stamina Jelang Puncak Haji

FOTO: suara.com/indolinear.com
Senin, 4 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Puncak Haji di Arafah, 9 Dzulhijjah akan jatuh pada hari Jumat, 8 Juli 2022. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengimbau jemaah haji Indonesia untuk fokus mempersiapkan diri sebaik-baiknya menjelang puncak haji.

“Ibadah haji itu puncaknya pada hari Arafah, dilanjutkan dengan pergerakan menuju Muzdalifah, dan Mabit di Mina. Rangkaian ritual haji ini memerlukan tenaga yang cukup,” ujar Ace di Makkah, dilansir dari Suara.com (03/07/2022).

Imbauan itu diberikan oleh Ace agar jemaah haji fokus mempersiapkan diri untuk menjalani rangkaian ritual haji karena stamina yang prima sangat diperlukan.

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk fokus mempersiapkan dirinya untuk aktivitas tersebut, yang tentu memerlukan stamina yang prima,” sambungnya.

Pesan Ace, jemaah haji disarankan untuk menjalankan ibadah di hotel masing-masing dalam tiga hari ke depan.

Jemaah haji juga tidak perlu untuk keluar dari hotel meskipun untuk tujuan ke Masjid Al-Haram, terlebih untuk tujuan berbelanja karena panitia haji telah menyediakan konsumsi yang cukup.

Lebih lanjut, menurut Ace momentum ini sangat tepat bagi calon haji untuk mempersiapkan diri menyempurnakan rukun Islam.

“Inilah momentum yang tepat bagi calon jemaah haji kita untuk mempersiapkan diri menyempurnakan rukun Islamnya,” terang Ace.

Sampai dengan Sabtu (02/07/2022) tengah malam, 91.106 jemaah haji Indonesia yang sudah diberangkatkan menuju Tanah Suci.

Saat ini mereka terkonsentrasi di Makkah untuk menunggu puncak haji. Wukuf di Arafah akan berlangsung pada 8 Juli 2022 (9 Zulhijah 1443 H). Jemaah haji akan mulai untuk diberangkatkan menuju Arafah pada sehari sebelumnya, tepatnya 7 Juli 2022.

Dua kloter dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah hari ini, Minggu (3/7/2022). Mereka berangkat dari dua embarkasi, yakni: Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS) dan Embarkasi Solo (SOC).

Kedatangan dua kloter ini sekaligus menandai berakhirnya fase kedatangan jemaah haji reguler dari Indonesia. Adapun untuk jemaah haji khusus, masih ada kedatangan dalam beberapa hari ke depan. (Uli)

loading...