DPAPMK Depok Beri Pembekalan PKDRT dan Human Trafficking

FOTO: depok.go.id/indolinear.com
Rabu, 10 April 2019
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok memberi pembekalan kepada 273 Satuan Tugas (Satgas), Kelompok Kegiatan (Poktan) Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), dan Human Trafficking Kecamatan Sawangan. Peserta berasal dari empat orang perwakilan kelurahan, tiga orang perwakilan RW, serta tiga orang dari Kelompok Kerja (Pokja) 1 PKK Kecamatan Sawangan.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan DPAPMK Kota Depok, Kholifatu Sakdiyah mengatakan, pembekalan diberikan agar mereka mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mewujudkan Depok yang berketahanan keluarga. Dengan begitu, apabila menemui kasus bisa langsung ditangani dengan baik.

“Kami berikan mereka pengetahuan mengenai dasar-dasar konseling, serta bagaimana cara mengelola emosi,” ujar Olif dilansir dari depok.go.id.

Selain diberikan berbagai materi, ucapnya, peserta juga dibekali dengan praktik langsung melalui role play (bermain peran). Dalam pembekalan itu, peserta diberikan studi kasus terjadinya KDRT dan diminta untuk menyelesaikannya.

“Kami ingin peserta dapat langsung terjun ke masyarakat. Selain teori, kami juga memberikan praktik sehingga mereka lebih siap menangani berbagai kasus yang ada,” pungkasnya.(pit)