Dosen Unpam Berikan Manajemen Pengelolaan Masjid Pada DKM Masjid Jami Nurul Falah

sophie/indolinear.com
Minggu, 18 Maret 2018
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Perkumpulan Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Masjid Jami Nurul Falah, Kedaung, Ciputat, Tangsel pada Sabtu, 17 Maret 2018.

Dengan tema manajemen pengelolaan masjid dalam mewujudkan DKM berkualitas dan amanah untukencapai kemakmuran Masjid Jami Nurul Falah.

Menurut Pembina Perkumpulan PKM Irwan Suhartono, pihaknya ingin memakmurkan Masjid Jami Nurul Falah dalam hal pengelolaan masjid dari segi managemen keuangan.

“Karena baru selesai dibangun, sistem keuangan masjid ini masih trasional dalam pelaporannya, sehingga perlu adanya bimbingan, pendidikan dari sisi managemen,” kata Irwan.

Maka dari itu Perkumpulan Dosen Unpam memberikan sosialisasi managemen keuangan. Dari trandisional menjadi semi profesional dengan mengajarkan dari segi keluar masuk keuangan, neraca, cash flow dan pelaporan keuangan. Semua sistem akuntansi diberikan kepada pengurus DKM.

“Di samping itu kita akan bantu terus, melalui pengawasan dan monitoring bimbingan lanjut dari siai managemen SDM.  Seperti struktur DKM, fungsi seksi dan lainnya yang pada akhirnya berhubungan dengan managemen keuangan,” bebernya.

Menurutnya, memberdayakan kepengurusan sangat penting. Maka dari itu, pengurus DKM akan terus dibimbing hingga dapat mandiri. Misalnya masjid ini nanti akan dibuat pengajian rutin, TPA, hingga koperasi masjid.

“Meski saat ini belum terbentuk, kita akan terus dorong sehingga ada kemandirian dan bisa menambah penghasilan untuk masyarakat setempat,” jelasnya.

Sebab, kata Irwan, penduduk disini terbilang marginnya masih dibawah rata-rata. Sehingga ini menjadi ranah sasaran kita untuk mendongkrak.

Sementara Ketua Pelaksana, Nani mengatakan pihaknya tertarik mengadakan PKM di wilayah ini karena ada pengalihan dari mushola menjafi masjid.

“Mereka membutuhkan untuk dibina, mulai dari kepemimpinannya hingga mengelola sebuah masjid menjadi lebih baik lagi agar dapat berkembang dan mandiri,” kata Nani.

Targetbya adalah bisa memberdayakan masyarakat disekitar masjid. Sehingga kedepannya bisa membuat fasilitas sendiri dan dapat menghasilkan.

“Bisa dengan membuat UKM yang dikelola DKM Masjid. Nantinya dana umat digabung dan dikelola dengan baik untuk kedepannya bisa berkembang lagi dan menambah penghasilan,” jelasnya.

Masih di lokasi yang sama, Dama Suhendar Pembina Masjid Jami Nurul Falah menyatakan rasa syukur karena apa yang telah diharapkan dan ditunggu bisa terlaksana.

“PKM yang dilaksanakan dosen Unpam ini sangat dibutuhkan oleh kami. Bimbingan dan partisipasi dari kalangan pendidik dirasa sangat membantu kami dalam menumbuhkan masjid ini,” katanya.

11 Dosen Unpam yang tergabung dalam PKM ini adalah, Irwan Suhartono, Ibnu Sina, Nani, Janudin, Agus, Ferdina, Ivan Putranto, Iskandar Zulkarnain, Fahrurozi, Reni Hindriari, dan Prihadi Dwianggoro.(sophie)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:
loading...