Dosen Ini Diberhentikan Setelah Buat Komentar Soal Poligami Di WeChat

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 25 Juni 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, China – Seorang dosen dari sebuah universitas ternama di China diberhentikan sementara setelah melontarkan komentar kontroversial soal poligami, termasuk menganjurkan hubungan asmara guru-murid.

Bao Yonan, peneliti hukum dan dosen di Fakultas Ilmu Politik dan Hukum Universitas East China di Shanghai, diberhentikan sementara dari seluruh kegiatan mengajar dan sedang diselidiki oleh kelompok pegawai. Hal ini disampaikan komite Partai Komunis dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan tersebut menyatakan dia diberhentikan karena “menerbitkan pandangan yang salah secara online” dan langkah lebih jauh akan diambil terhadap dosen tersebut.

Menurut laporan media China, dikutip dari dari Merdeka.com (24/06/2021), dalam serangkaian unggahan di WeChat, Bao menyampaikan pihak berwenang “seharusnya memberi profesor universitas perlakukan khusus, misalnya mengizinkan mereka memiliki banyak istri dan memberikan mereka subsidi permanen”.

Bersamaan dengan komentar tersebut, dia juga membagikan sebuah artikel terkait sistem masa jabatan kompetitif China, berpendapat bagaimana kalangan muda akademik kampus harus diperlakukan dengan lebih baik.

Isu masa jabatan profesor itu menjadi berita utama di China setelah dosen matematika berusia 39 tahun di Universitas Fudan Shanghai membunuh seorang pejabat Partai Komunis ketika dia mengetahui dia akan kehilangan pekerjaan mengajarnya.

Dalam komentar lain, Bao menanggapi pertanyaan apakah dia setuju hubungan asmara guru-murid, mengatakan: “Saya tidak keberatan untuk itu, tujuan saya tahun ini adalah menemukan pacar yang lahir setelah tahun 2000.”

Bao mengunggah komentarnya di status WeChat, dan bisa dilihat hanya oleh lingkaran temannya. Bao kemudian menghapus status tersebut, yang kemudian memicu respons keras, tapi dia mengeluh kampusnya menekannya untuk melakukan hal tersebut.

Menurut Guardian, tagar terkait unggahan Bao telah dilihat 31 juta kali di WeChat.

Di China, poligami adalah ilegal menurut hukum perdata. Larangan hubungan asmara guru-murid juga sedang dipertimbangkan, karena usia legal di China hanya 14 tahun. (Uli)