loading...

Dongeng  Sebelum Tidur Yang Berjudul Kerja Keras Gagak

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 26 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Gagak sedang terbang meliuk di udara. Cuaca hari ini sangat panas. Sesekali Gagak mengusap keringat di wajahnya.

Ia sangat kehausan.

“Duh, aku bisa mati kehausan,” keluh Gagak.

Karena sudah sangat lelah, Gagak memutuskan untuk hinggap di sebuah dahan pohon. Saat hinggap di dahan pohon, ia melihat sebuah botol di bawah pohon tersebut.

Botol itu terbuat dari kaca, sehingga Gagak bisa melihat isi di dalamnya. Olala, ternyata ada air dalam botol itu.

Gagak pun turun mendekati botol tersebut. Sayang, botol itu hanya terisi setengahnya, dan bagian atas botol itu sempit. Berkali-Kali Gagak mencoba memasukkan paruhnya, tapi ia tidak bisa mencapai air itu. Paruhnya justru malah terjepit.

Gagak sempat berpikir untuk menuangkan air di botol itu ke tanah, agar ia bisa meminumnya. Tapi, tanah sedang tandus. Bisa-bisa, air malah habis diserap tanah.

“Aduh, bagaimana ini? Apa yang harus kulakukan?” ucap Gagak sambil menurunkan sayapnya ke tanah. Tiba-tiba, sayapnya mengenai batu kecil. Dilansir dari Dongengceritarakyat.com (25/07/2020).

Aha! Gagak punya ide. Ia mengambil batu kecil itu, dan memasukkannya ke dalam botol. Olala, seketika air di dalam botol naik.

Melihat itu, Gagak bergegas mencari batu kecil lain. Ia memasukkan satu per satu batu ke dalam botol. Perlahan, air itu pun semakin naik. Usaha Gagak tidak sia-sia. Air itu sekarang sudah sampai di bibir botol. Dengan menggunakan paruhnya, akhirnya Gagak bisa menggapai air di dalam botol.

“Ah, segar sekali air ini. Memang, sesuatu yang didapat dengan bekerja keras, akan terasa sangat nikmat,” ucap Gagak sambil terus meminum air di dalam botol.

Pesan moral dari cerita anak pendek ini adalah tidak ada kerja keras yang sia-sia. Setiap kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang setimpal. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: