Dongeng Sebelum Tidur Dari Jepang Penghuni Bulan Dan Kebaikan Kelinci

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 3 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Konon, di bulan hiduplah seorang lelaki tua. Dia sering mengamati bumi. Lelaki tua itu melihat tiga binatang yang memiliki sifat yang sangat baik. Tiga binatang itu adalah monyet, rubah, dan kelinci. Lelaki tua itu penasaran, ia ingin tahu siapa binatang paling baik di antara ketiga binatang itu.

“Lebih baik aku mendatangi mereka saja. Aku harus tahu siapa binatang yang paling baik,” ujar lelaki tua penghuni bulan.

Lelaki itu lalu turun ke bumi. Ia menyamar menjadi seorang pengemis tua. Ia mengubah pakaiannya menjadi pakaian yang kumal dan berjalan dengan memakai tongkat. Lelaki itu mendatangi ketiga binatang itu.

“Tolonglah aku. Aku sangat lapar. Bisakah kalian memberikan makanan untukku?” tanya lelaki tua itu, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (02/01/2021).

“Di rumah kami sudah tak ada makanan. Tetapi, tunggulah di sini sebentar. Kami akan mencarikan makanan untukmu,” ujar Monyet. Ketiga binatang itu lalu pergi mencari makan.

Beberapa saat kemudian, datanglah monyet dengan membawakan buah-buahan segar. Monyet segera memberikan buah-buahan itu kepada lelaki tua. Lelaki tua sangat senang dan berterima kasih. Lalu, tak berapa lama kemudian, muncullah Rubah. Rubah membawakan ikan segar dari sungai.

“Aku mendapatkan ikan segar ini untukmu, terimalah,” ujar Rubah.

Lelaki tua itu sangat senang. Rupanya mereka memang sangat baik. Lelaki tua masih menunggu kedatangan kelinci. Pada sore hari, Kelinci baru kem bali. Olala… Kelinci tak membawa apa pun.

“Maafkan aku Pak Tua. Aku tak memperoleh makanan untukmu. Aku sudah mencarinya ke penjuru hutan. Tapi sulit sekali mendapatkan makanan,” ujar Kelinci, sedih.

“Tidak apa-apa, makanan dari Monyet dan Rubah cukup untuk membuatku kenyang,” balas lelaki tua.

“Tapi aku ingin sekali membantumu,” ucap Kelinci.

Kelinci lalu berpikir sejenak. Kemudian ia meminta Monyet dan Rubah untuk menyalakan api. Olala… ia akan mengorbankan dirinya untuk lelaki tua itu. Alangkah kagetnya si lelaki tua.

“Penggallah aku, kau bisa menjadikanku kelinci bakar. Dagingku sangat enak,” ucap Kelinci.

Lelaki tua penghuni bulan itu lalu sadar bahwa kelincilah binatang yang paling baik di antara ketiga binatang itu. Ia rela mengorbankan dirinya untuk menolong orang lain, Seketika itu juga lelaki tua itu berubah wujud. Ia mengenakan pakaian yang sangat indah. Kemudian ia langsung membawa Kelinci ke bulan. Ia ingin agar kelinci bisa menemaninya di bulan.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Bergambar : Penghuni Bulan Dan Kebaikan Kelinci (Jepang) adalah jadilah anak yang baik. Bantulah orang-orang di sekitarmu yang membutuhkan pertolonganmu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: