Dongeng Rakyat Singkat Dari Yunani Kisah Anjing Kecil

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 21 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – “Ibu, aku ingin keluar rumah.  Aku berani keluar sendiri.  Lagi pula aku kan sudah besar,” rengek anjing kecil kepada ibunya.

Selama ini memang ibunya jarang sekali mengajak anjing kecil ke luar rumah. Ini karena di luar rumah banyak bahaya. Ibu anjing tak mau membahayakan anaknya. Adapun kakak-kakak si anjing kecil sudah bisa keluar sendiri karena sudah dewasa dan bisa menjaga diri.

“Pokoknya aku ingin keluar, Bu,” seru si anjing kecil. Kemudian ia berlari ke luar rumah. Banyak hal yang belum ia tahu. Ia ingin belajar banyak hal dari alam sekitarnya. Ibunya tak bisa mencegahnya,

Anjing kecil melewati sebuah bukit. Suasananya sungguh indah. Baru pertama kali ini ia melewati bukit tersebut. Padahal, bukit indah itu tak jauh dari rumahnya. Anjing kecil melihat sebuah sungai di atas bukit. Ia langsung lari ke sana.

Di sungai tak ada siapa pun. Anjing kecil melongokkan kepalanya ke sungai. Ada seekor anak anjing juga yang mirip dengannya. Ia sungguh tak percaya. Baru kali ini ia melihat anjing itu.

“Hei, kau siapa? Bolehkah aku kenalan denganmu? Dan kenapa kau tinggal di dalam sungai dengan para ikan?” tanya si anjing kecil. Anjing di dalam sungai, yang tak lain adalah bayangannya, tentu saja tak menjawab.

Anjing kecil lalu lari ke rumahnya. Ia ingin menunjukkan kepada ibunya bahwa ada seekor anak anjing yang mirip dengannya.

“Ayo Bu, ikuti aku,” seru si anjing kecil. Ibu anjing pun mengikuti langkah anaknya. Sesampainya di sungai, ia kembali melongok ke permukaan air.

“Untung saja kau belum pergi. Aku ingin mengenalkanmu pada ibuku,” ucap si anjing kecil, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (20/10/2020).

Melihat hal itu, ibu anjing hanya tersenyum.

“Itu adalah bayanganmu, Nak,” ujar ibu anjing, menjelaskan.

“Bukan Bu, bahkan aku terlihat Iebih kecil darinya,” sangkal si anak anjing. Ibu anjing lantas berjalan ke samping anaknya. Ia menunjukkan bahwa dirinya juga ada di dalam sungai. Anak anjing jadi bingung. Lalu, ibunya mengambil sebuah batu dan melemparkannya ke sungai.

“Nah, hilang kan bayangan kita?” ucap ibu anjing, tersenyum.

Anak anjing mengerti. Rupanya ia harus banyak belajar kepada ibunya, sebelum memutuskan untuk pergi ke dunia luar.

Cerita Kisah Inspiratif Kehidupan

Pesan moral dari Dongeng Rakyat Singkat : Kisah Anjing Kecil (Yunani) adalah teman, untuk mengetahui banyak hal, hanya dibutuhkan satu hal, yaitu belajar. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: