Dongeng Rakyat Luar Negeri Dari Yaman Teman Yang Kompak

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 17 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Rusa, gagak, tikus, dan kura-kura hidup bersama. Mereka hidup dalam satu umah. Setiap hari mereka mencari makan bersama. Kemudian mengumpulkan makanan tersebut di rumah. Setelah itu, barulah mereka menikmati makanan itu bersama-sama. Mereka hidup saling mengasihi.

Tetapi hari ini, saat mereka pulang ke rumah, mereka tak menemukan Rusa. Tikus, Gagak, dan Kura-kura sudah tiba lebih dulu di rumah. Padahal, biasanya Rusa-lah yang selalu pulang lebih awal. Duh, pasti terjadi sesuatu dengan Rusa.

“Sudah sore begini, kenapa Rusa belum pulang? Biasanya dia sudah pulang,” ujar Kura-kura, cemas, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (16/10/2020).

“Coba kau cari Rusa, Gagak. Barangkali dia tersesat. Dengan terbang, kau akan lebih cepat menemukan Rusa,” pinta Tikus.

Gagak pun mencari Rusa. Olala… rupanya Rusa terperangkap dalam jaring pemburu. Hal itu membuat Gagak cepat-cepat pulang dan langsung melaporkannya kepada teman-temannya.

“Rusa tak mungkin bisa lepas kalau kita tak menolongnya. Ayo lebih baik kita ke sana. Aku akan mengerat jaring pemburu itu,”ucap Tikus. Kemudian mereka pun berlari menuju rusa yang terperangkap.

Tikus segera menggigit jaring pemburu tersebut sehingga Rusa bisa bebas. Lantas mereka segera bersembunyi. Rusa bersembunyi di semak-semak, sementara tikus masuk ke dalam tanah. Tak lama kemudian, pemburu itu datang.

“Ke mana basil buruanku? Bagaimana bisa ia lepas dari jaringku?” seru pemburu, geram. Ia melihat jaringnya rusak karena gigitan tikus. Kemudian ia kembali mencari rusa. Di kejauhan, ia melihat Kura-kura. Rupanya Kura-kura masih berjalan menuju tempat Rusa ditangkap.

Kura-kura bertemu dengan pemburu. Duh, kali ini Kura-kuralah yang ditangkap oleh pemburu.

Kura-kura dimasukkan ke dalam tas pemburu. Mengetahui hal itu, Rusa pura-pura terluka dan mengerang. Pemburu pun melempar tasnya, lalu berlari menuju Rusa, hendak menangkapnya. Sementara itu, Tikus segera membuka tas si pemburu untuk menyelamatkan Kura-kura.

Saat Pemburu sudah dekat, Rusa yang pura-pura terluka Iangsung bangun dengan berlari dengan sangat kencang. Pemburu mencoba mengejar Rusa, tetapi tak berhasil.

Tidak lama kemudian, Rusa sudah sampai di rumah. Disusul Gagak, Kura-kura, dan Tikus. Berkat kerja sama dan kekompakan mereka, akhirnya mereka selamat dari incaran pemburu.

Pesan moral dari Dongeng Rakyat Luar Negeri : Teman yang Kompak (Yaman) adalah seberat apa pun masalah yang kita hadapi, jika dikerjakan bersama-sama, pasti akan terasa ringan. Kekompakan itu diperlukan dalam persahabatan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: