Dongeng Pendek Dari Nigeria Berjudul Singa Yang Sombong

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 7 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Singa merasa dirinya paling hebat. Konon tak ada satu binatang pun yang dapat menandingi kehebatannya. Tetapi, Singa ingin membuktikan hal itu. Ia ingin tahu apakah semua binatang di hutan mengakui kehebatannya.

Singa menemui Monyet yang sedang berjemur. Saat itu Monyet sedang asyik memakan buah. Melihat kedatangan Singa, Monyet langsung hormat kepada Singa.

“Hei Monyet, aku ingin bertanya satu hal kepadamu. Menurutmu, siapa binatang yang paling hebat di hutan ini?” tanya Singa.

“Tentu saja, binatang itu adalah kau, tuanku,” jawab Monyet, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (06/07/2020).

Singa sangat senang. Berarti selama ini benar apa yang ia pikirkan. Tak ada binatang yang lebih hebat darinya. Olala… Singa bertemu dengan Hyena yang sedang berjalan. Ia pun segera menghampiri Hyena. Ia juga ingin bertanya kepada Hyena apakah Hyena juga menganggap Singa sebagai binatang yang paling hebat.

“Aku ingin menanyakan sesuatu padamu. Menurutmu, siapa binatang yang paling hebat di hutan ini, Hyena?” tanya Singa.

Hyena merundukkan kepala. Ia pun menjawab dengan santun,” Binatang yang paling hebat dan kuat adalah kau, tuanku,” jawab Hyena.

Hal itu membuat Singa sangat senang. Ia semakin bangga pada dirinya. Namun, Singa belum puas. Ia masih ingin bertanya lagi kepada binatang lain. Maka ia pun terus berjalan menyusuri hutan.

“Rupanya benar. Akulah binatang satu-satunya yang paling hebat di hutan ini,” ujar Singa, sombong.

Singa terus berjalan. Aha! Dia melihat seekor gajah yang sedang asyik makan rumput. Ia ingin tahu juga apakah Gajah menganggap Singa sebagai binatang terhebat atau tidak. Singa lalu mendekati Gajah. Ia tampak membusungkan dadanya, sombong.

“Gajah, aku ingin kau menjawab pertanyaanku. Menurutmu, siapa binatang yang paling hebat di hutan ini?” tanya Singa.

Gajah tak suka waktu makan siangnya terganggu. Ia melihat ke arah Singa. Kemudian ia menendang Singa dengan kakinya yang besar. Setelah itu, ia mengangkat Singa dengan belalainya. Singa jadi sangat ketakutan.

Contoh Dongeng Pendek : Singa Yang Sombong

“Gajah, tolong lepaskan aku! Aku tidak akan mengganggu makan siangmu lagi! Aku akan pergi dari sini,” pinta Singa.

Gajah lalu melemparkan Singa hingga Singa terpental jauh. Singa kemudian lari menjauh dari Gajah. Singa baru sadar, ternyata tak semua binatang menganggap Singa sebagai hewan yang paling hebat.

“Aku tidak akan bertanya lagi pada gajah. Dia telah membuat tubuhku sakit,” ucap Singa. Ia pun pulang ke rumahnya dengan tubuh penuh memar.

Pesan moral dari dongeng fabel : Singa Yang Sombong (Nigeria) adalah di atas langit masih ada langit. Janganlah menjadi anak yang sombong. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: