Dongeng Luar Negeri Dari Skotlandia Berjudul Angsa Pembawa Keberuntungan

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 10 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada suatu hari, seorang ibu muda yang baik sedang mencari tanaman obat untuk anaknya di sebuah padang rumput.

Saat sibuk menyibak-nyibakkan rumput, ia mendengar bunyi gemerisik.

Ia mendekati suara itu dan menemukan seekor angsa terbaring Iemah di tanah. Mata angsa itu mengedip perlahan-lahan dan paruhnya sesekali terbuka.

“Ah, angsa yang malang. Kasihan sekali,” katanya sambil membawa pulang angsa dengan hati-hati, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (09/09/2020).

Di rumah, ibu muda menaruh angsa dekat perapian agar hangat. la memeriksa angsa dan menemukan salah satu sayapnya terluka. Selain itu, angsa juga kelaparan. Sejak saat itu, ibu muda merawat angsa di rumahnya dengan penuh perhatian.

Semakin hari, kesehatan angsa semakin membaik. Ajaibnya, saat angsa semakin membaik, anaknya yang sakit juga ikut membaik.

Suatu hari, angsa akhirnya sembuh sepenuhnya. la bisa berjalan-jalan di dalam rumah dan mulai mengepak-ngepakkan sayapnya yang lebar.

Esoknya, angsa sudah siap untuk terbang lagi. ibu muda membukakan pintu rumah dan mempersilakan angsa itu terbang.

Saat angsa terbang ke angkasa. Ibu muda dikagetkan sapaan seseorang, “Ibu, aku lapar!”

Ternyata anaknya telah bangun dari tidurnya. Ia telah sehat sepenuhnya. Ibu muda sangat gembira mendengar suara anaknya. Ternyata, angsa telah memberi keberuntungan kepada ibu muda itu, yaitu anaknya sembuh. Sampai kini, orang Skotlandia menganggap angsa sebagai burung yang membawa keberuntungan.

Pesan Moral dari Dongeng Luar Negri Dari Skotlandia : Angsa Pembawa Keberuntungan adalah Berbuatlah baiklah kepada semua makhluk Tuhan. Orang yang herbuat baik akan mendapatkan kebahagiaan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: