Dongeng Fabel DuniaAnak  Dari Cina Keinginan Siput

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 18 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suatu hari, seekor siput sedang bersedih. Ia merasa hidupnya tak berguna. Saat binatang lain bisa pergi ke mana pun dengan cepat, Siput masih berada di salah satu dahan pohon, tak banyak berpindah tempat. Siput merasa sangat sedih.

“Andaikan aku bisa terbang seperti burung, pasti aku bisa melihat langsung laut yang indah,” keluh Siput.

Siput mendongak ke atas. Ia melihat burung yang sedang terbang. Ia menganggap burung itu Iebih beruntung daripada dirinya. Siput kembali berpikir, apakah mungkin keinginannya bisa terwujud.

“Aku ingin pergi ke laut, tapi berapa waktu yang aku butuhkan untuk sampai ke sana? Bahkan untuk pergi ke rumah temanku yang dekat saja, aku membutuhkan waktu berhari-hari,”ujar Siput, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (17/11/2020).

Siput terus saja menyesali nasibnya. Ia ingin sekali melihat laut. Saat melihat monyet turun dari gunung, Siput kembali mengeluh. Ia juga ingin sesekali mendaki gunung.

“Beruntung sekali monyet itu, ia bisa mendaki an turun gunung sesukanya. Andai aku bisa nendaki gunung, pasti aku bisa melihat keindahan alam yang belum aku tahu.” ucap riput, sedih.

Siput tak mengetahui berapa sulitnya menjadi nonyet. Monyet harus menghindar dari para pemangsa. Monyet juga harus lari dari para pemburu ketika pemburu mengincarnya.

Andai Siput lebih bersyukur, hidupnya pasti adi lebih bahagia. Sebaliknya, jika ia hanya nengeluh dan mengeluh, maka sampai kapanpun ia tidak akan pernah merasa bahagia.

Tidak lama kemudian, siput itu meninggal dunia. Ia tak pernah bahagia sepanjang hidupnya, sebab selalu mengeluh dengan keadaan dirinya. Siput  juga tak pernah mensyukuri apa yang ia miliki. Kasihan sekali Siput.

Hikmah dari Dongeng Fabel Dunia : Keinginan Siput (Cina) adalah jangan selalu mengeluh dengan keadaan. Gapailah cita-citamu dengan kerja keras dan rasa syukur. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: