Dongeng Fabel Dari Spanyol Burung Hitam Ingin Menjadi Merpati

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Senin, 19 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Burung hitam pergi mencari makan. Musim kemarau memang membuat ia kesulitan untuk mencari makan. Hampir sehari penuh ia belum juga mendapatkan makanan. Ia pun berpikir untuk pergi ke rumah petani. Barangkali di rumah petani masih tersedia merpati, pasti petani juga akan memberinya makan.

Olala… burung hitam ingat. Saat ia melintasi rumah petani tadi, ia melihat sebuah cat berwarna putih. Burung hitam kemudian menceburkan dirinya ke dalam cat

“Wah, akhirnya aku jadi seperti merpati. Aku akan pergi ke tempat para merpati itu dan ikut makan di sana,” ujar Burung Hitam, senang.

Burung hitam terbang ke tempat merpati. Kemudian ia ikut makan di sana tanpa diketahui oleh merpati. Setelah kenyang, Burung Hitam pun bertanya kepada salah satu merpati.

“Hey, siapa namamu?” tanya Burung Hitam. Hal itu membuat si merpati curiga. Rata-rata suara merpati itu indah.Tetapi, olala… suara Burung Hitam sungguh berbeda dari kebanyakan merpati.

“Suaramu tak seperti kami. Sepertinya kau bukan merpati. Pergi sana,” ujar salah satu merpati, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (18/10/2020).

Akhirnya burung hitam meninggalkan kumpulan burung merpati. Dia lalu pergi menuju kawanan burung hitam saudara-saudaranya. Namun karena bulunya yang berwarna putih, ternyata diapun diusir oleh saudara-saudaranya.

“Aku burung hitam, saudaramu. Aku seperti ini karena ingin makan bersama merpati tadi,” balas Burung Hitam.

Tetapi saudara-saudara Burung Hitam tak percaya. Kemudian mereka pun mengusir Burung Hitam. Seharusnya, tadi ia tak meniru merpati. Dengan begitu, dirinya pasti masih bisa tinggal di rumahnya sendiri.

Hikmah yang dapat diambil dari Dongeng Fabel Pendek dari Spanyol  adalah Jadilah diri sendiri. Temanmu akan menerimamu seperti apa pun dirimu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: