Dongeng dari Yunani Unta Malang Yang Dikhianati Teman-Temannya

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 4 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seekor unta kelelahan dan jatuh pingsan. Pemiliknya meninggalkan unta itu. Tidak lama, unta kembali sehat dengan memakan rumput.

Esoknya, unta bertemu singa, macan, rubah, dan gagak, lalu, singa mendekati unta. “Apa yang sedang kau lakukan di sini?” tanya singa. Unta menceritakan kisahnya dan singa setuju melindungi unta di hutan itu.

Suatu hari, singa terluka setelah berkelahi dengan gajah. Karena singa terluka, macan, rubah, dan gagak jadi kelaparan. Mereka biasa diberi makan oleh singa. Sementara, unta tidak kelaparan karena ia makan rumput.

Lalu, rubah mempunyai rencana. Diam-diam, ia menemui singa. la mengusulkan agar unta dikorbankan untuk makanan mereka. Tapi, singa marah, “Aku tidak akan pernah membunuh binatang yang berada di bawah perlindunganku.”

‘Tapi, kau menyediakan makanan untuk kami selama ini. Jika ada salah satu dari kami yang mengorbankan diri untukmu, kau pasti tidak akan keberatan,” kata rubah menjalankan siasat busuknya. Singa pun setuju. Lalu, gagak dan macan pun diberitahu rencana rubah.

Saat semua berkumpul, gagak maju dan berkata, “Makanlah aku, Rajaku. Demi kau aku rela berkorban.”

Tapi, rubah menyela, “Kau terlalu kecil, Gagak. Makan aku saja, Tuan.”

“Kau juga tidak cukup besar, Rubah. Makan saja aku,” kata macan menyela, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (03/09/2020).

Melihat kebaikan hati teman-temannya yang rela mengorbankan nyawa, unta yang bodoh maju ke depan, “Macan, kau juga masih saudara dekat singa. Biar aku saja yang dimakan singa.”

Tidak ada lagi yang menyela unta. Macan, rubah, dan gagak langsung membunuh dan memakan unta. Mereka telah mengkhianati unta. Mereka hanya ingin memuaskan nafsunya.

Pesan Moral dari Jenis Cerita Rakyat dari India adalah Jangan pernah mengkhianati teman-temanmu. Jika kamu berhianat maka kamu akan kehilangan teman-temanmu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: