Dongeng Dari Haiti Dua Kadal Hutan Dan Sebuah Seruling

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Kamis, 12 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Di sebuah hutan, hiduplah dua ekor kadal hutan bernama Webubu dan Nagari. Webubu mempunyai suara yang kecil dan jelek. Sementara, Nagari mempunyai suara yang sangat merdu.

Suatu hari, Nagari ingin bersenang-senang. Ia memanjangkan lehernya dan mulai mengeluarkan suara indahnya. “Uuuuuuuuu…eeeeiiiyaaaa…,” Nagari bernyanyi.

Tidak lama, beberapa kadal betina mendatangi Nagari. Mereka diam sambil sesekali memejamkan mata menikmati kemerduan suara Nagari.

Melihat itu, Webubu sangat iri. Ia sedih sekali karena tidak ada kadal-kadal betina yang menemaninya seperti Nagari.

“Apa yang harus aku lakukan untuk menarik perhatian kadal-kadal betina? Aku tidak punya suara semerdu Nagari,” keluh Webubu, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (11/08/2021).

Webubu akhirnya mendapatkan sebuah ide. Ia memotong sebatang pohon bambu kecil dan membuat beberapa lubang kecil di bambu itu. Itulah seruling pertama di dunia.

Webubu membuat sebuah panggung di dahan pohon dan mulai meniup serulingnya. Suara indah keluar dari seruling itu.

Kadal-kadal betina yang menemani Nagari mendengar suara merdu seruling Webubu. Salah seekor kadal betina penasaran dan berkata, “Tunggu di sini, aku akan memeriksa suara merdu itu.”

Tapi, ia tidak pernah kembali lagi. Lalu, seekor kadal betina lain menyusul. “Jangan ke mana-mana. Aku akan memeriksanya,” katanya.

Tapi, sama seperti kadal betina pertama, kadal betina kedua juga tidak kembali lagi. Akhirnya, seluruh kadal betina meninggalkan Nagari. Mereka terpesona oleh pertunjukkan musik seruling Webubu.

Sejak saat itu, Webubu tidak pernah kesepian lagi. la bisa mengobati kesepiannya dengan ide cerdiknya membuat seruling.

Pesan Moral dari naskah drama dongeng dari Haiti adalah jadilah anak yang cerdik dan kreatif. Jangan mudah menyerah hanya karena kamu mempunyai kelemahan. Ciptakanlah kelebihan dirimu sehingga orang akan menghargaimu. (Uli)