Dongeng Cerpen Anak Yunani Pemuda Dan Seekor Singa

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 26 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seorang pemuda bekerja sebagai budak pada seorang majikan yang kejam. Majikannya selalu menyuruh pemuda itu untuk bekerja lebih giat. Lama-lama pemuda itu pun tak kuat lagi.

Pemuda itu melarikan diri ke dalam hutan. Sesampainya di sana, ia mendengar suara singa yang sepertinya sedang kesakitan. Mula-mula ia sangat ketakutan. Pemuda itu yakin singa itu akan memangsanya. Namun, di luar dugaan, singa itu malah berdiri di depannya. Kaki singa itu terluka.

Pelan-pelan pemuda itu mendekati singa. Singa hanya diam.

“Apakah kau baik-baik saja?” tanya pemuda itu, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (25/01/2021).

Singa tetap diam. Ia mengangkat satu kakinya yang terluka. Pemuda itu kemudian mengobati luka singa. Singa sama sekali tak melukai pemuda itu. Mereka pun akhirnya tinggal bersama.

Singa sering kali membawakan binatang buruannya untuk pemuda itu. Dengan senang hati pemuda itu memasaknya. Hingga datanglah beberapa pemburu. Pemburu itu menangkap singa serta pemuda itu.

Pemuda itu diserahkan kenada majikannya untuk menghukum pemuda itu.

“Kau akan aku lepas jika berhasil mengalahkan singa milikku,” seru majikannya.

Akhirnya, sampailah pemuda itu di arena. Singa milik majikannya dikeluarkan dari kandangnya. Itu adalah singa yang beberapa waktu lalu ditolong oleh pemuda itu. Singa itu sama sekali tak mau menyerang. Ia justru mendekat kepada pemuda itu dengan manja.

Si Pemuda mengelus kepala singa itu. Majikannya sungguh heran melihat hal tersebut. Kemudian pemuda itu pun menceritakan semuanya kepada majikannya.

“Aku kagum kepadamu. Kau akan aku lepaskan. Sekarang, kau boleh pergi dengan singa ini,” ucap majikannya.

“Benarkah yang kau katakan, Tuan?” tanya pemuda itu.

“Ya, aku akan memberikan beberapa koin emas untuk bekalmu,” balas majikannya.

Pemuda itu nyaris tak percaya mendengar perkataan majikannya. Ia sangat berterima kasih kepadanya. Kemudian ia pun pulang kembali ke desanya bersama singa sahabatnya. Kini, mereka bisa tinggal bersama lagi.

Pesan moral dari Dongeng Cerpen Anak Yunani : Pemuda Dan Seekor Singa (Yunani) adalah tak ada kebaikan yang sia-sia. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: